Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Berdaun Besar yang Cantik dan Mudah Dirawat

Kompas.com - 08/05/2023, 07:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAScom - Tanaman hias, khususnya daun, memiliki beragam bentuk yang menarik, salah satunya tanaman berdaun besar.

Tanaman hias ini akan memberi nuansa tropis, asri, serta menyejukkan ruangan. Ada beberapa tanaman hias berdaun besar yang sudah populer dan ditanam di rumah. 

Baca juga: 7 Tanaman Berdaun Lebar yang Cocok Jadi Dekorasi Rumah

Tentu saja, tanaman berdaun besar terlihat menonjol dibanding tanaman hias lainnya. Selai itu, perawatan tanaman hias berdaun besar sama dengan tanaman hijau pada umumnya.

Namun, Anda perlu membersihkan atau mengelap daun tanaman lebih sering daripada tanaman daun lainnya. Hal ini lantaran tanaman berdaun besar bisa memiliki permukaan yang luas, yang dapat menumpuk debu serta kotoran lebih banyak.

Dilansir dari Rhythm of the Home, Senin (8/5/2023), berikut sejumlah tanaman berdaun besar yang cantik dan mudah dirawat.

Tanaman kuping gajah 

Ilustrasi tanaman kuping gajah atau elephant ear plant.Shutterstock/Shiddieq Ilustrasi tanaman kuping gajah atau elephant ear plant.
Tanaman kuping gajah atau elephant ear plant memiliki daun berbentuk hati yang besar, yang dapat tumbuh hingga 60 sentimeter. 

Jika ingin mendapatkan tampilan seperti hutan di rumah, tanaman kuping gajah adalah pilihan ideal. Tanaman berdaun besar ini menyukai sedikit sinar matahari, tidak terlalu terik. Pastikan tanaman tidak terpapar sinar matahari langsung di rumah. 

Baca juga: 6 Tanaman Berdaun Merah yang Cocok Jadi Dekorasi Rumah

Calathea

Selanjutnya, tanaman berdaun besar yang cantik dan mudah dirawat adalah calathea. Tanaman hias ini dapat tumbuh subur dalam cahaya redup, jadi merupakan pilihan ideal jika ruangan tidak memiliki cukup cahaya.

Tanaman calathea lebih menyukai cahaya tidak langsung dan kelembapan, tetapi tidak menyukai tanah lembap.

Namun demikian, satu-satunya hal yang harus diperhatikan adalah suhunya. Karena merupakan tanaman tropis, calathea tidak tahan terhadap suhu dingin.

Ara daun biola 

Ilustrasi tanaman fiddle leaf figs atau ara biola.Shutterstock/AngieYeoh Ilustrasi tanaman fiddle leaf figs atau ara biola.
Ara daun biola atau fiddle leaf fig adalah tanaman berdaun besar dan berukuran mengesankan yang dapat mempercantik rumah.

Tanaman ini  menyukai sinar matahari sehingga pastikan menempatkannya di tempat cerah untuk membuatnya bahagia.

Namun, paparan sinar matahari juga membuat tanaman ara daun biola perlu mendapat penyiraman lebih sering. Siram tanaman seminggu sekali dan sesuaikan jadwal penyiraman dengan tanda-tanda yang diberikan tanaman hias ini. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias Berdaun Pink yang Cantik dan Dapat Dirawat di Rumah

Hosta

Meski biasanya ditanam di luar ruangan, hosta juga bisa menjadi tanaman dalam ruangan yang bagus.

Keindahan tanaman berdaun besar ini memiliki dedaunan mengkilap, seperti lilin, dan hadir dalam berbagai warna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com