Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Hias yang Dapat Membersihkan Udara dan Racun di Rumah

Kompas.com - 28/04/2023, 07:59 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman hias di dalam rumah tak hanya mempercantik ruangan, tapi juga memberikan kesegaran dan membersihkan udara.

Ada beberapa tanaman hias yang dapat meningkatkan kualitas udara serta menyaring beberapa racun di dalam rumah. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Ini Bisa Bantu Tidur Nyenyak, Apa Saja?

Aturan pertama yang perlu dipertimbangkan saat memilih tanaman dalam ruangan terbaik untuk membersihkan udara adalah ukurannya.

Tanaman hias yang lebih besar dengan daun besar akan lebih baik membersihkan udara karena proses fotosintesis yang dilakukan tanaman-tanaman ini akan melepaskan sejumlah oksigen ekstra.

Meski demikian, kegunaan tanaman dalam ruangan untuk membersihkan udara tergantung pada banyak faktor, seperti usia perabotan, kebiasaan merokok di dalam ruangan, dan seberapa baik rumah disegel.

Sebagai bonus tambahan, sebagian besar tanaman ini dapat ditanam tanpa terlalu banyak kerepotan. 

Nah, dilansir dari Rhythm of the Home, Jumat (28/4/2023), berikut sejumlah tanaman hias yang dapat membersihkan udara dan racun di rumah. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Cocok Jadi Dekorasi Dapur, Apa Saja?

English ivy

Ilustrasi tanaman English Ivy, yang merupakan salah satu tanaman pembersih udara di rumah. SHUTTERSTOCK/ARTBACKGROUND Ilustrasi tanaman English Ivy, yang merupakan salah satu tanaman pembersih udara di rumah.
English ivy tidak hanya menarik, tetapi juga sangat mampu membersihkan udara dari polutan. Tanaman ini merupakan pemanjat kuat yang dapat ditemukan tumbuh di dinding atau pohon, tapi juga dapat tumbuh subur di dalam ruangan.

Pertimbangkan menambahkan beberapa tanaman English ivy ke dalam rumah dengan menempatkannya dalam keranjang gantung.

Merawat tanaman pemurni udara ini cukup mudah karenahanya perlu menyiramnya secara berkala dan memberinya cahaya tidak langsung yang cukup. 

Baca juga: 8 Varietas Philodendron yang Cocok Jadi Tanaman Hias di Rumah

Tanaman laba-laba

Selanjutnya, tanaman hias yang dapat membersihkan udara dan racun adalah tanaman laba-laba atau spider plant. Tanaman inni hampir tidak membutuhkan banyak usaha untuk tumbuh sehingga sangat direkomendasikan untuk pemula.

Meski banyak orang menanamnya sebagai tanaman hias, hanya sedikit yang menyadari kemampuan tanaman laba-laba dalam membersihkan udara dari racun. 

Dari benzena, formaldehida, hingga karbon monoksida, tanaman laba-laba mampu membersihkan berbagai polutan beracun.

Tanaman hias ini hanya membutuhkan tempat dengan cukup banyak sinar matahari tidak langsung. Tanaman laba-laba akan tumbuh subur di hampir semua jenis kondisi dan tidak beracun bagi hewan peliharaan.   

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Rak

Devil's ivy atau golden pothos

Ilustrasi golden pothos.Shutterstock/Emily frost Ilustrasi golden pothos.
Devil's ivy atau golden pothos adalah tanaman hias yang sangat mudah ditanam pemula dan mampu melawan polutan berbahaya di udara, seperti formaldehida dan xilena.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com