Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Mudah Dirawat, 7 Tanaman Hias Ini Tak Butuh Sinar Matahari

Kompas.com - 19/04/2023, 08:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara mencerahkan ruangan yang kusam adalah dengan tanaman hias. Namun demikian, masalah dengan ruangan yang redup dan kusam adalah seringkali kekurangan sinar matahari.

Padahal, sinar matahari dibutuhkan sebagian besar tanaman secara berlebihan. Namun, ada beberapa tanaman hias yang tidak membutuhkan sinar matahari dan dapat tumbuh subur dengan sedikit perhatian.

Dikutip dari Best Life, Rabu (19/4/2023), berikut beberapa tanaman hias yang mudah dirawat dan tidak membutuhkan sinar matahari.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Bisa Menghilangkan Jamur di Rumah

Ilustrasi tanaman ZZ atau ZZ plant (Zamioculcas zamiifolia). SHUTTERSTOCK/ELENA SHASHKINA Ilustrasi tanaman ZZ atau ZZ plant (Zamioculcas zamiifolia).

1. Tanaman ZZ atau ZZ plant

Tanaman ZZ memiliki banyak manfaat, antara lain pemeliharaannya rendah, tidak perlu sering disiram, serta memiliki daun tebal dan mengkilap yang kokoh dan bersemangat.

Tanaman ini juga dapat mentolerir lingkungan dengan cahaya redup, kata Lindsay Pangborn, ahli berkebun untuk Bloomscape.

Tanaman ZZ akan tumbuh paling cepat dalam cahaya terang sedang hingga tidak langsung, tetapi dapat beradaptasi dengan tempat yang jauh dari jendela atau di bawah lampu neon dengan memperlambat pertumbuhannya sambil tetap subur dan hijau, ungkap dia.

Rebecca Sears, direktur pemasaran Ferry-Morse merekomendasikan untuk memperhatikan daun tanaman ZZ Anda. Jika warnanya menguning, itu bisa berarti Anda telah menyirami tanaman secara berlebihan, tetapi jika rontok, Anda mungkin tidak cukup menyiramnya.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Dapat Mencegah Jamur di Kamar Mandi

Penyiraman setiap satu hingga dua minggu biasanya sudah cukup, terutama jika tanaman Anda tidak mendapatkan banyak sinar matahari, sebut Sears.

2. Lidah mertua

Lidah mertua adalah tanaman hias yang dapat mentolerir hampir semua kondisi dalam ruangan. Tanaman ini memiliki daun dan akar yang tebal dan segar yang memungkinkan mereka menyimpan energi berlebih dan bertahan dalam waktu lama, sebut Pangborn.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com