Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Talenan Kayu Pakai Baking Soda, Tampak Seperti Baru

Kompas.com - 18/04/2023, 19:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Talenan memiliki lebih dari satu fungsi penting di dapur. Talenan tidak hanya mencegah meja kayu menjadi kotor dan bermanfaat dalam persiapan makanan, tetapi talenan juga membantu Anda menjaga standar keamanan makanan saat menangani berbagai produk daging, produk susu, dan produk segar.

Dikutip dari The Daily Meal, Selasa (18/4/2023), talenan modern tidak hanya terbuat dari kayu. Talenan juga terbuat dari plastik, kaca, bambu, bahkan silikon.

Namun, bagi kebanyakan dari kita, talenan kayu adalah bahan pilihan yang terpercaya. Talenan kayu, telah sejak lama digunakan di Tiongkok dan Eropa sejak awal abad ke-15.

Baca juga: Cara Membersihkan Talenan Kayu yang Terkena Noda dan Bau

Ilustrasi mencuci talenan kayu. SHUTTERSTOCK/WACHIWIT Ilustrasi mencuci talenan kayu.

 

Meskipun awalnya digunakan untuk melunakkan dan menyiapkan potongan daging yang besar, saat ini Anda mungkin memilih talenan kayu karena desain modernnya yang ramping dan tahan lama untuk penggunaan sehari-hari.

Akan tetapi, jika tidak dirawat dengan baik dari waktu ke waktu, talenan kayu bisa tampak kusam dan kotor.

Namun demikian, jangan khawatir, sebab baking soda atau soda kue bisa menjadi solusi yang Anda butuhkan untuk membuat talenan kayu yang sudah lama kembali tampak seperti baru.

Baking soda untuk membuat talenan kayu lama tampak seperti baru

Jika Anda memiliki talenan yang sama selama bertahun-tahun, mungkin terlihat agak kusam dan perlu disegarkan kembali. Jika Anda memiliki talenan kayu, menutupi permukaan talenan dengan minyak secara langsung mencegah partikel atau bau makanan merembes ke celah yang tidak terlihat.

Baca juga: Cara Membersihkan Talenan Kayu, Plastik, dan Bambu

Namun, dengan penggunaan yang lama, talenan menjadi aus dan mungkin memerlukan langkah tambahan untuk membantu memulihkan kualitasnya secara keseluruhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com