Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Menutup Gorden Saat Cuaca Panas Bikin Ruangan Lebih Sejuk?

Kompas.com - 16/10/2023, 17:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Lifesavvy

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar wilayah Indonesia dilanda cuaca panas dalam beberapa waktu terakhir. Ketika suhu meningkat, kita pasti mencari cara agar ruangan tetap sejuk.

Salah satu cara membuat ruangan tetap sejuk saat cuaca panas adalah menutup gorden atau tirai. Tujuannya adalah untuk menghalangi sinar matahari dan menjaga lingkungan dalam ruangan tetap sejuk.

Akan tetapi, apakah metode ini berhasil atau hanya tips yang ternyata tidak berguna?

Baca juga: 5 Cara Menjaga Tanaman Selada Tetap Tumbuh Saat Cuaca Panas

Ilustrasi gorden kamar tidur, gorden di kamar tidur. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi gorden kamar tidur, gorden di kamar tidur.

Dilansir Lifesavvy, Senin (16/10/2023), ternyata menutup gorden saat cuaca panas bisa membuat ruangan sedikit lebih sejuk.

Ternyata menutup tirai benar-benar membantu menjaga rumah Anda sedikit lebih sejuk.

Saat sinar matahari masuk ke rumah melalui jendela, hal itu dapat berkontribusi pada pemanasan ruangan. Menutup gorden dapat memberikan tingkat insulasi bagi rumah terhadap sinar matahari, sehingga menghalangi gelombang panas.

Dengan menutup gorden saat cuaca panas di siang hari, Anda dapat mengurangi jumlah panas yang masuk melalui jendela dan menumpuk di ruangan. Hal ini dapat membantu menjaga suhu dalam ruangan lebih nyaman dan mengurangi beban pada sistem pendingin ruangan alias AC.

Baca juga: Suhu AC yang Ideal dan Hemat Listrik Saat Cuaca Panas

Beberapa gorden dirancang khusus untuk memantulkan radiasi matahari dari rumah, sehingga meminimalkan perolehan panas karena gorden ini berfungsi lebih dari sekadar isolasi. Efek reflektif ini bisa sangat efektif bila menggunakan tirai dengan permukaan berwarna terang menghadap matahari.

Perlu diperhatikan bahwa meskipun gorden tertutup dapat membuat rumah menjadi lebih sejuk, efektivitasnya bervariasi bergantung pada beberapa faktor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com