Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Harus Menyiram Rumput Saat Cuaca Panas?

Kompas.com - 31/07/2023, 19:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat cuaca panas, perawatan rumput sangat penting. Namun demikian, seberapa sering harus menyiram rumput selama cuaca panas?

Dikutip dari Tom's Guide, Senin (31/7/2023), terus-menerus menyiram rumput untuk menghidupkan kembali rumput mati atau menjaganya tetap hijau bisa menimbulkan banyak masalah.

Menyiram rumput secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit jamur, dan tanah yang tidak sehat yang dapat memengaruhi halaman rumah. Kasus terburuk, Anda mungkin harus memperbaiki rumput yang tergenang air, yang akan lebih merepotkan.

Baca juga: Cara Membersihkan Rumput Palsu

Ilustrasi menyiram rumput. SHUTTERSTOCK/MILICAD Ilustrasi menyiram rumput.

Seberapa sering harus menyiram rumput saat cuaca panas?

Jawaban sederhananya adalah menyiram rumput secara teratur dan merata selama cuaca panas.

Menyiram rumput secara merata dan teratur lebih penting daripada menyiram secara berlebihan dan melakukannya lebih jarang, kata Grant Ian Workman dari National Greenhouse.

Workman merekomendasikan menyiram rumput dua kali seminggu, berkonsentrasi pada penyebaran air yang merata di halaman rumah.

Sistem penyiram memang bagus, tetapi menggunakan selang dengan ujung yang bisa disesuaikan juga tidak apa-apa. Anda tidak perlu menyiram ke titik di mana Anda melihat genangan di halaman rumah karena ini dapat merusak halaman rumah.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Anjing Kencing di Rumput

Kesalahpahaman lainnya adalah Anda perlu menyiram rumput setiap hari dalam gelombang panas. Namun, ini sebenarnya dapat membuat rumput lebih lemah, dan mencegah bilah tumbuh subur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com