Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2023, 12:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Cicak merupakan salah satu hewan yang sering dijumpai di rumah. Meski tak berbahaya, namun keberadaan cicak cukup mengganggu.

Sebab, cicak mengeluarkan suara yang mengganggu. Selain itu, cicak juga menyebabkan rumah kotor karena kotorannya berceceran.

Maka dari itu, banyak pemilik rumah yang ingin mengusir cicak dari rumahnya. Namun, membasmi cicak bukan pekerjaan mudah.

Baca juga: Jangan Abaikan Keberadaan Cicak di Rumah, Ini Bahayanya

Pasalnya, ukuran hewan ini kecil dan populasinya banyak. Dilansir dari Homes and Gardens, Selasa (3/10/2023), berikut ini beberapa cara mengusir cicak dari rumah.

Basmi serangga yang menjadi sumber makannya

Cicak di rumah biasanya memakan serangga seperti lalat dan nyamuk. Semakin banyak serangga di rumah, maka semakin banyak cicak yang datang ke rumah.

Ilustrasi cicakUnsplash Ilustrasi cicak

Oleh karena itu, salah satu cara mengusir cicak dari rumah yaitu dengan memusnahkan serangga sebagai sumber makannya.

Cara memusnahkan serangga bisa dengan menyemprotkan pestisida buatan sendiri yang aman untuk lingkungan dan manusia. Selain itu, Anda juga bisa meletakkan tanaman hias yang aromanya menyengat, sehingga serangga tidak datang ke rumah.

Semprotkan air cabai

Cicak tidak menyukai aroma dan rasa pedas. Maka dari itu, salah satu cara alami mengusir cicak yaitu dengan menyemprotkan larutan cabai rawit.

Baca juga: 6 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Mengusir Cicak

Caranya dengan melarutkan cabai rawit dalam air. Kemudian, masukkan ke botol semprot dan semprotkan di area yang sering dilalui cicak atau tempat persembunyian hewan ini.

Menggunakan air dingin

Air dingin juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir cicak dari rumah. Air dingin bisa memperlambat gerakan cicak.

Setelah cicak bergerak lambat, segera tangkap reptil ini menggunakan wadah lalu buang cicak ke luar rumah.

Tutup jalur masuk sisak

Cara lain yang bisa dilakukan agar cicak tidak masuk ke rumah yaitu dengan menutup semua titik masuk cicak. Biasanya cicak akan masuk ke rumah melalui lubang bawang pintu atau area terbuka lainnya.

Segeralah untuk menutup lubang-lubang di rumah agar tidak menjadi tempat masuk cicak maupun hewan lain. Anda bisa juga bisa memasang jaring atau pintu kasa untuk mencegah cicak dan serangga kecil masuk ke rumah.

Baca juga: 10 Tanaman Ini Bisa Mengusir Cicak di Rumah, Lavender hingga Serai

Tanam peppermint

Cara mengusir cicak dari rumah lainnya yaitu dengan menanam peppermint di rumah. Cicak tidak suka tanaman ini, sehingga mereka tidak akan mendekat saat ada tanaman peppermint.

Selain untuk mengusir cicak, peppermint juga bisa membuat rumah lebih segar dan asri.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengusir cicak dari rumah. Selain melakukan tindakan di atas, Anda juga perlu menjaga kebersihan dan kerapian rumah agar hewan tidak bersarang di rumah Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com