Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Efektif Mengusir dan Mencegah Cicak Masuk ke Rumah

Kompas.com - 11/03/2022, 18:55 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Cicak merupakan hama rumah tangga yang sering kali datang kerumah. Tentu saja kehadiran cicak di rumah cukup mengganggu, terutama jika kamu merasa takut dan geli melihatnya.

Hama ini datang karena adanya sumber makanan di rumah kita, contohnya saja seperti nyamuk dan semut. Untuk menghindari cicak masuk ke dalam rumah, sebaiknya jagalah kebersihan area rumah.

Melansir dari Iproperty, Jumat (11/3/2022), selain menjaga kebersihan, kamu juga bisa melakukan beberapa hal di bawah ini agar cicak tak lagi datang.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Cicak di Rumah

Hindari meninggalkan makanan di area terbuka

Kebiasaan membiarkan makanan terbuka dapat mengundang cicak untuk datang bahkan berkembang biak di rumah.

Sebaiknya jangan pernah meninggalkan sisa makanan , pastikan untuk menutup panci dan wajan saat selesai memasak.

Sisa makanan menarik lalat dan semut, yang secara tidak langsung menarik cicak, karena mereka memakan serangga. Jadi, sebelum membasmi cicak, pastikan rumah bebas dari hama lain.

Baca juga: Magic Com Bau Busuk? Mungkin Ada Bangkai Cicak di Dalamnya

Tutup retakan dan lubang pada tembok dan pintu

Cicak biasanya muncul melalui celah atau celah di jendela, pintu dan dinding. Area ini merupakan tempat sempurna untuk cicak menyelinap ke dalam rumahmu.

Sebaiknya tutup semua retakan atau celah yang ada menggunakan silikon. Pasang sekat jaring-jaring pada bawah pintu dan ventilasi yang biasa digunakan cicak pintu masuk ke dalam rumah.

Baca juga: Antigagal, Ini 7 Cara Ampuh Mengusir Cicak di Rumah

Pelihara kucing tak menyelesaikan masalah

Ilustrasi cicakshutterstock Ilustrasi cicak

Kucing tak hanya lucu, namun ia memiliki insting berburu yang baik dan suka berburu cicak. Namun, hal yang harus kamu perhatikan ialah kadal dan cicak membawa parasit yang berbahaya bagi kucing yang dikenal sebagai cacing hati.

Parasit ini dapat menyebabkan peradangan hati dan berpotensi menyebabkan kematian. Untuk itu daripada mengandalkan kucing, sebaiknya gunakan bahan alami untuk mengusir cicak.

Baca juga: 8 Cara Efektif Mengusir Cicak dari Rumah

Manfaatkan cangkang telur

Cangkak telur merupakan pengusir cicak alami yang cukup ampuh. Letakkan pecahan cangkang telur di area yang suka dilalui cicak. Cangkang telur mengandung belerang yang menyebabkan rasa terbakar pada perut cicak.

Selain itu, bau belerang pada kulit telur mengingatkan pada paruh burung, pemangsa alami cicak.

Hal ini membuat cicak enggan memasuki area yang memiliki kulit telur. sebaiknya Ganti kulit telur setiap tiga minggu atau lebih.

Baca juga: Cara Alami Usir Cicak dari Rumah

Gunakan bawang merah

Bawang merah juga merupakan bahan alami yang mampu mengusir cicak. Iris atau giling beberapa bawang merah dan letakkan di lokasi di mana cicak terlihat di sekitar rumah.

Seperti cangkang telur, kandungan belerang dan bau bawang merah akan mengusir cicak. Alternatif lainnya ialah kamu bisa menggunakan bawang putih.

Baca juga: 6 Cara Basmi Cicak di Rumah, Pakai Telur dan Bawang

Semprotan serai

Menanam beberapa jenis rumput hias dapat menjadi cara mengusir lalat, termasuk menanam serai (lemongrass), tanaman yang punya bau harum dan juga bisa sebagai pengusir nyamuk.SHUTTERSTOCK/WASANAJAI Menanam beberapa jenis rumput hias dapat menjadi cara mengusir lalat, termasuk menanam serai (lemongrass), tanaman yang punya bau harum dan juga bisa sebagai pengusir nyamuk.

Selain dapat membuat rumah menjadi harum aromaterapi, semprotan serai juga ampuh mengusir cicak.

Serai wangi adalah sejenis serai aromatik. Ini mirip dengan serai yang kamu gunakan untuk memasak, namun serai wangi atau citronella memiliki bau yang lebih kuat dan tidak bisa dimakan. Aroma serai yang kuat efektif mengusir hama termasuk kadal dan cicak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com