Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membuat Tanaman Hias Tumbuh Subur dan Bahagia

Kompas.com - 03/10/2023, 10:20 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias menjadi tanaman yang banyak dipilih untuk ditanam atau dirawat di dalam ruangan maupun luar rumah untuk mempercantik hunian, memberikan kesan asri, serta meningkatkan kualitas udara.

Namun, penting memastikan tanaman hias dalam kondisi bahagia. Tanaman hias yang bahagia tumbuh subur, jauh dari hama, dan memiliki daun yang segar serta sehat. 

Maka itu, penting merawat tanaman hias dengan baik agar tumbuh subur serta bahagia. Dikutip dari Martha Stewart, Selasa (3/10/2023), berikut cara membuat tanaman hias tumbuh subur dan bahagia di rumah. 

Baca juga: 5 Cara Merepotting Tanaman Hias agar Tetap Sehat dan Tumbuh Subur

Bersihkan secara teratur

Ilustrasi tanaman hias di pot gantung.SHUTTERSTOCK/SVIATLANALAZA Ilustrasi tanaman hias di pot gantung.
Justin Hancock, ahli hortikultura di Costa Farms—perusahaan petani hortikultura asal Amerika Serikat—mengatakan tanaman hias yang bersih akan terlihat lebih segar, bahagia, serta membantu mengusir hama dan penyakit.

Karena itu, perlu membersihkan tanaman hias. Frekuensi pembersihan  tergantung pada jenis tanaman dan tingkat debu di lingkungan. 

Tanaman yang berada di lingkungan berdebu perlu dibersihkan lebih sering. Selain itu, tanaman hias yang memiliki daun lebar dan berbulu juga perlu membersihkannya rutin karena lebih mudah mengumpulkan debu dan kotoran, seperti lidah mertua, lili perdamaian, dan tanaman ZZ.  

Baca juga: Cara Menghidupkan Kembali Tanaman Hias yang Sekarat

Perbaiki drainase 

Selanjutnya, cara membuat tanaman hias tumbuh subur dan bahagia adalah memperbaiki drainase.

Jessica Mercer dari Plant Addicts—pembibitan tanaman online menyediakan tanaman langsung ke rumah asal Amerika Serikat—mengatakan tanaman dalam pot membutuhkan drainase baik agar akarnya tidak membusuk.

Banyak orang menambahkan batu atau bahan pengisi lainnya ke dasar pot untuk meningkatkan drainase, tetapi hal ini justru bisa berbahaya.

Bahan pengisi dapat mengurangi drainase karena menciptakan zona jenuh tepat di atas lapisan pengisi tetap jenuh. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan akar dan penyakit jamur.

Pantau akarnya

Ilustrasi tanaman hias lili paris atau spider plant.SHUTTERSTOCK/ARTCREATIONSDESIGNSPHOTO Ilustrasi tanaman hias lili paris atau spider plant.
Hancock mengatakan akar tanaman hias yang sehat akan berwarna putih atau cream dan terasa kenyal. 

Sebaliknya, akar tanaman yang berwarna coklat atau hitam dan terasa lunak menandahkan tanaman mengalami busuk akar. 

Periksa akar tanaman hias setiap tahun untuk memastikannya tidak terikat. Jika akar tanaman sudah terikat, pindahkan tanaman ke pot yang lebih besar atau merepotting. 

Baca juga: 7 Manfaat Meletakkan Tanaman Hias di Dalam Rumah, Apa Saja? 

Gabungkan tanah baru dan lama saat melakukan repotting

Merepotting tanaman menjadi cara membuat tanaman hias tumbuh subur dan bahagia. Ganti tanah lama dengan tanah baru, tetapi tidak perlu mengganti seluruh tanah lama.

Cukup mencampurkan tanah baru dengan tanah lama untuk mendapatkan drainase yang optimal. Berikut cara menggabungkan tanah baru dan lama saat merepotting tanaman hias.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com