Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Furnitur Luar Ruangan

Kompas.com - 30/08/2023, 12:30 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber OKA

JAKARTA, KOMPAS.com - Area luar ruangan seperti halaman belakang atau teras bisa menjadi pilihan untuk berkumpul dan bersantai bersama keluarga maupun tamu.

Agar area luar ruangan nyaman serta fungsional, pemilihan furnitur perlu diperhatikan. Penting menempatkan furnitur yang tepat serta mampu bertahan dalam berbagai kondisi cuaca.

Baca juga: Catat, 5 Panduan Memilih Furnitur Ramah Anak

Dikutip dari laman OKA, Rabu (30/8/2023), berikut sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih furnitur luar ruangan.

Ilustrasi teras rumah.SHUTTERSTOCK/ARTAZUM Ilustrasi teras rumah.

1. Hujan atau kelembapan

Hujan atau kelembapan tinggi tidak hanya dapat mempengaruhi kondisi dan tampilan furnitur Anda, tetapi juga menyebabkan potensi gangguan kesehatan karena munculnya jamur dan karat.

Carilah furnitur luar ruangan yang dirancang tahan cuaca untuk mencegah kerusakan akibat air seperti furnitur alumunium powder coated, rotan sintetis, kayu atau batu dengan lapisan resin.

Untuk furnitur yang tidak memiliki lapisan perlindungan tersebut, pertimbangkan menyimpannya di dalam ruangan saat tidak digunakan. Ikuti saran perawatan produsen agar furnitur tahan lama.

Baca juga: Tambahkan Furnitur Ini ke Kamar Tidur agar Terasa Seperti Hotel Mewah

2. Sinar matahari atau suhu

Perubahan suhu yang drastis juga dapat berdampak pada furnitur Anda, menyebabkan beberapa bahan memuai atau menyusut, yang pada gilirannya dapat menyebabkan keretakan.

Sinar matahari langsung juga dapat menyebabkan warna memudar seiring waktu. Jaga furnitur tetap tertutup atau atau simpan di dalam ruangan saat tidak digunakan untuk mencegah hal ini terjadi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com