Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membuat Kebun Sayur di Rumah yang Sehat dan Produktif

Kompas.com - 30/08/2023, 12:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila Anda memiliki lahan sisa di dekat rumah, sebaiknya memanfaatkan lahan tersebut untuk membuat kebun sayur.

Memiliki kebun sayur di rumah ternyata bisa mendatangkan banyak manfaat, antara lain; menghemat pengeluaran karena hasil panen dari kebun bisa dikonsumsi sendiri, membuat area rumah lebih asri, dan lain sebagainya.

Membuat kebun sayur di rumah sebenarnya tidak sulit. Namun, bagi Anda yang baru pertama kali berkebun, ada beberapa hal yang penting untuk diketahui.

Dilansir dari House Digest, Rabu (30/8/2023), berikut ini tips membuat kebun sayur di rumah yang sehat dan produktif.

Baca juga: Simak, Langkah Menyiapkan Kebun Sayur di Balkon Rumah

Tentukan jenis sayur yang akan ditanam

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat kebun yaitu memilih jenis sayur yang akan ditanam. Setelah itu, pikirkan letak penanaman, Anda bisa menanam sayuran dalam pot atau di langsung di atas tanah.

Ilustrasi menanam sayuran organik di pekarangan rumah. SHUTTERSTOCK/JOANNE DALE Ilustrasi menanam sayuran organik di pekarangan rumah.

Berikutnya, pikirkan juga pencahayaan di area yang akan ditanami. Intensitas penyinaran matahari harus sesuai dengan jenis sayuran yang akan ditanam.

Pasalnya, ada sayuran yang menyukai pencahayaan penuh seperti cabai dan tomat, namun ada sayuran yang bisa tumbuh di bawah naungan seperti selada.

Siapkan alat bertahan yang bersih

Saat membuat kebun sayur, Anda membutuhkan beberapa peralatan pendukung seperti sekop, cangkul, gembor, dan alat penunjang lainnya.

Sangat dianjurkan untuk menggunakan alat yang bersih dan higienis, bila perlu disterilkan terlebih dahulu alat-alat tersebut dalam larutan desinfektan.

Langkah ini dilakukan untuk mencegah penularan hama maupun penyakit ke bibit yang akan ditanam.

Baca juga: 4 Langkah Memulai Kebun Sayur Dalam Ruangan untuk Pemula

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com