Kompas.com - 27/12/2020, 10:10 WIB
Ilustrasi balkon rumah. UNSPLASH/ARTUR ALEKSANIANIlustrasi balkon rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sayuran segar, bebas pestisida, dan lezat tumbuh di halaman belakang rumah? Tentu banyak orang menginginkan hal ini demi mendapatkan kesegaran sayur yang utuh dan praktis.

Tetapi, jika kamu tinggal di daerah perkotaan, mungkin sulit menemukan ruang yang cukup besar untuk kebun sayur di rumahmu.

Maka, pilihan terbaik berikutnya untuk menanam sayuran di rumah adalah di area balkonmu. Kebun sayur tidak butuh banyak ruang, dan menumbuhkannya di balkon bisa menjadi terapi.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Balkon Kecil agar Nyaman dan Menarik

Balkon di rumahmu mungkin terlihat kusam dan berdebu, sehingga membutuhkan tanaman hijau untuk membuatnya lebih baik.

Selain itu, ini adalah tingkat kepuasan lain yang akan kamu dapatkan ketika memiliki kemewahan untuk pergi ke balkon dan memetik tomat segar yang berair.

Jadi, ikuti langkah-langkah ini untuk menumbuhkan kebun sayur di balkon rumahmu, dilansir dari Pink Villa, Sabtu, (26/12/2020).

Pot

Memilih wadah yang tepat untuk kebun sayurmu itu penting. Kamu bisa memilih pot tanah liat, pot plastik, atau bahkan wadah yang sederhana seperti ember untuk menumbuhkan taman dapurmu.

Baca juga: Simak, Trik Menyimpan Sayuran dan Buah-buahan di Dapur

Satu-satunya hal yang perlu diingat adalah membuat lubang di bagian bawah agar air mudah keluar.

Tanaman

Jika kamu seorang pemula dan tidak begitu paham dengan aturan berkebun, maka pilihlah sayuran yang mudah tumbuh seperti cabai, tomat, terong, paprika, ketumbar, dan lobak.

Tanah

Jenis tanah tempat tanamanmu tumbuh membuat semua perbedaan. Banyak pembibitan memiliki campuran media pot siap pakai yang mencakup tanah, kompos, dan cocopeat.

Garaplah secara teratur untuk memastikan bahwa tanah menyerap air dan merembes dengan benar.

Halaman:


Sumber Pink Villa
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X