Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2020, 10:20 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga matahari merupakan tanaman eksotis yang banyak menarik perhatian banyak orang.

Karena cantik dan cerah memikat, banyak daerah di Indonesia yang menyajikan taman bunga matahari sebagai tempat wisata untuk berswafoto.

Jika menyukai tanaman satu ini, kamu tidak perlu lagi pergi jauh-jauh ke beragam taman bunga matahari. Sebab, bunga matahari bisa kamu tanam di kebun rumahmu.

Baca juga: Ingin Tidur Nyenyak? Letakkan 4 Bunga Ini di Kamar

Dilihat dari Youtube Kebun Kumara, Sabtu, (5/12/2020), terdapat 3 cara menanam bunga matahari di kebun rumah yang bisa menguatkan ekosistem kebun.

Bunga matahari dikatakan sebagai insect attractant, sehingga semua jenis serangga sangat suka dengan tanaman ini, mulai dari belalang, ulet, siput sampai kadal, kodok, burung, dan lain-lain.

Selain cantik dan membuat kebun di rumah semakin berwarna, menanam bunga matahari juga dapat menarik perhatian dan mengalihkan serangga-serangga itu dari sayur-mayur yang apabila kamu tanam di kebun.

Benih bunga matahari itu ada di dalam bunganya, kalau bunganya sudah kering dia bisa disemai dan benihnya ada banyak di dalamnya.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Bunga Melati Putih

Jadi dalam satu bunga matahari yang kering, dia bisa menumbuhkan calon-calon bunga matahari lainnya. Kalau benih bunga matahari sudah kering, kamu bisa langsung menyemainya alias menanam atau menaburkan benih dan biji-bijian di tempat yang tersedia.

Tapi kamu perlu ingat kalau yang disemai itu benih bunga matahari, bukan kuaci. Kalau kuaci itu bunga matahari yang sudah dipanggang dan diberi bumbu, sehingga dia tidak akan tumbuh saat kamu tanam.

Berikut ini cara menyemai bunga matahari di rumah yang bisa kamu lakukan.

1. Semai satu per satu

Jadi satu lubang satu benih, kamu bisa pakai gelas plastik daur ulang atau tray semai kotak-kotak. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com