Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Langkah Menyiapkan Kebun Sayur di Balkon Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Sayuran segar, bebas pestisida, dan lezat tumbuh di halaman belakang rumah? Tentu banyak orang menginginkan hal ini demi mendapatkan kesegaran sayur yang utuh dan praktis.

Tetapi, jika kamu tinggal di daerah perkotaan, mungkin sulit menemukan ruang yang cukup besar untuk kebun sayur di rumahmu.

Maka, pilihan terbaik berikutnya untuk menanam sayuran di rumah adalah di area balkonmu. Kebun sayur tidak butuh banyak ruang, dan menumbuhkannya di balkon bisa menjadi terapi.

Balkon di rumahmu mungkin terlihat kusam dan berdebu, sehingga membutuhkan tanaman hijau untuk membuatnya lebih baik.

Selain itu, ini adalah tingkat kepuasan lain yang akan kamu dapatkan ketika memiliki kemewahan untuk pergi ke balkon dan memetik tomat segar yang berair.

Jadi, ikuti langkah-langkah ini untuk menumbuhkan kebun sayur di balkon rumahmu, dilansir dari Pink Villa, Sabtu, (26/12/2020).

Pot

Memilih wadah yang tepat untuk kebun sayurmu itu penting. Kamu bisa memilih pot tanah liat, pot plastik, atau bahkan wadah yang sederhana seperti ember untuk menumbuhkan taman dapurmu.

Satu-satunya hal yang perlu diingat adalah membuat lubang di bagian bawah agar air mudah keluar.

Tanaman

Jika kamu seorang pemula dan tidak begitu paham dengan aturan berkebun, maka pilihlah sayuran yang mudah tumbuh seperti cabai, tomat, terong, paprika, ketumbar, dan lobak.

Tanah

Jenis tanah tempat tanamanmu tumbuh membuat semua perbedaan. Banyak pembibitan memiliki campuran media pot siap pakai yang mencakup tanah, kompos, dan cocopeat.

Garaplah secara teratur untuk memastikan bahwa tanah menyerap air dan merembes dengan benar.

Air

Tumbuhan yang berbeda membutuhkan jumlah air yang berbeda pula. Tetap menyiram tanamanmu sesuai kebutuhannya dan berhati-hatilah untuk tidak menyiraminya secara berlebihan

Simpan di bawah sinar matahari langsung agar kebun sayur di balkon rumahmu benar-benar berkembang.

Berkebun sayur di balkon akan menghasilkan banyak sayuran selama tanamanmu mendapatkan banyak kelembaban dan sinar matahari.

Pastikan untuk memanen sayuranmu saat berada di puncak kematangannya. Ini akan memberi rasa sayuran terbaik dari kebun sayur di balkon rumahmu.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/27/101000976/simak-langkah-menyiapkan-kebun-sayur-di-balkon-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke