Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fitur Rumah yang Dapat Meningkatkan Nilai Jual Properti

Kompas.com - 04/08/2023, 09:41 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Entah Anda sedang membuat rencana renovasi rumah maupun mengidentifikasi daftar fasilitas yang "harus dimiliki" saat berbelanja rumah, mencari tahu fitur rumah mana yang sepadan dengan keuangan Anda bisa menjadi hal rumit.

Bagaimanapun penting menyeimbangkan antara anggaran dan kenyamanan yang ditingkatkan. 

Baca juga: 6 Hama yang Bersembunyi di Loteng Rumah, dari Tikus sampai Ular

Selain itu, hal ini dapat menjadi investasi menguntungkan yang bisa Anda peroleh pada kemudian hari jika memutuskan menjual rumah.

Untuk membantu Anda mengetahui tambahan rumah mana yang benar-benar berharga, para profesional rumah, termasuk agen real estate, desainer interior, dan pakar industri perumahan, membagikan lima fitur rumah yang dapat meningkatkan nilai jual properti dilansir dari Martha Stewart, Jumat (4/8/2023). 

Lemari dapur yang disesuaikan 

Ilustrasi lemari dapur.Shutterstock/Sean Pavone Ilustrasi lemari dapur.
Banyak rumah dibangun dengan tata letak dapur yang sederhana. Seringkali, lemari dapur kurang dimanfaatkan, kurang dipertimbangkan, dan terlihat canggung.

Ditambah, fakta bahwa banyak pemilik rumah yang memiliki banyak gadget dan peralatan dapur yang ingin disimpan, seperti mixer, blender, penggorengan, dan mesin pembuat kopi. Hal ini membuat dapay mengalami kekacauan yang tidak teratur. 

Baca juga: Membeli Vs Menyewa Rumah, Ini 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Di situlah, lemari khusus berperan. Pikirkan rak tambahan, garasi peralatan (yang memungkinkan Anda untuk menyembunyikan blender di depan mata), dan lemari yang selebar atau seringkas yang dibutuhkan.

Hal terbaik dari semuanya adalah Anda tidak perlu mengonfigurasi ulang dapur sepenuhnya untuk memaksimalkan lemari dapur.

Melissa Zimbelman, agen real estate dan Manajer Properti di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), mengatakan bahkan tanpa melakukan renovasi dapur secara keseluruhan, perubahan dapat dilakukan pada lemari yang ada untuk memungkinkan penggunaan ruang yang lebih baik dan akses lebih mudah ke peralatan kecil.  

Baca juga: 7 Barang Rumah Tangga yang Sebaiknya Tidak Dibeli Bekas

Teknologi smart home 

Ilustrasi CCTV, kamera CCTV di rumah. SHUTTERSTOCK/NUTCD32 Ilustrasi CCTV, kamera CCTV di rumah.
Selanjutnya, fitur rumah yang dapat meningkatkan nilai jual properti adalah teknologi smart home. Dengan satu sentuhan tombol, Anda bisa mematikan lampu, mengatur termostat, atau menutup pintu garasi.

Bahkan mengakses fitur-fitur ini dari ponsel saat sedang bepergian sehingga tetap merasan aman dan nyaman. 

"Kimberly Greenwell, pakar industri rumah tangga dan pembawa acara TV, menjelaskan teknologi pintar memungkinkan Anda mengetahui ketika pintu terbuka dan kamera CCTV memungkinkan Anda mengintip ke dalam rumah kapan saja, di mana saja.

"Teknologi ini juga menambah kenyamanan modern dalam kehidupan sehari-hari Anda dan memberikan ketenangan saat pergi." 

Baca juga: 6 Hal yang Menarik Serangga ke Halaman Rumah, Sampah hingga Lampu

Sistem suara profesional

Dari menyelenggarakan acara hingga mengumpulkan keluarga untuk menonton film pada malam hari, sistem suara berkualitas tinggi dapat menjadi fitur yang dapat meningkatkan nilai jual properti, bahkan membantu membentuk pengalaman sehari-hari menjadi kenanga tak terlupakan. 

Danielle Walter, desainer interior dan pendiri Diggs Designs, mengatakan suara menentukan suasana hati sejak Anda masuk ke rumah, memberikan kenyamanan dalam mendengarkan apa yang diinginkan, dan menyatukan keluarga. 

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com