Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tanda Bahaya yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah

Kompas.com - 27/07/2023, 14:13 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli rumah baru menjadi hal menyenangkan dan waktu yang ditunggu-tunggu. 

Namun, berbeda dengan benda lainnya, membeli rumah memiliki ragam tantangan dan banyak kehati-hatian dalam mengambil keputusan. 

Baca juga: Ingin Membeli Rumah di Luar Kota? Pertimbangkan 6 Hal Ini Dulu

Sebab, ada banyak hal yang harus diperhatikan dan diketahui saat berbelanja rumah baru selain harga dan lokasi. 

Sejumlah faktor ini akan mempengaruhi kehidupan saat menempati rumah baru tersebut. Tentu saja, Anda tidak hanya memastikan rumah  dapat memenuhi semua kebutuhan keluarga, tetapi juga tidak ada kerusakan tersembunyi atau kejutan yang muncul setelah menandatangani kontrak dan menempati rumah.    

Dua profesional real estate berbagi beberapa tanda bahaya yang perlu diperhatikan saat membeli rumah dikutip dari Martha Stewart, Kamis (27/7/2023).  

Baca juga: Studi: Mayoritas Orang Ingin Membeli Rumah yang Ramah Hewan Peliharaan

Timbal dalam cat dan pipa

Ilustrasi KPR yang merupakan salah satu contoh kredit aktifFREEPIK/FREEPIK Ilustrasi KPR yang merupakan salah satu contoh kredit aktif
Anda mungkin sudah bertanya tentang masalah jamur kepada pemilik rumah, tapi tahukah Anda bahwa ada masalah lain yang tak terlihat yang bisa sama mengkhawatirkannya?

Asbes dan timbal adalah dua masalah utama lainnya yang dapat merusak rumah. Rachel Lustbader, pialang dari Warburg Realty, mengatakan kedua hal ini memerlukan perbaikan mahal pada kemudian hari. 

"Keracunan timbal dapat mempengaruhi perkembangan otak dan sistem saraf anak-anak," jelas Lustbader.

Jika ada di dalam pipa, Anda tidak dapat meminum airnya. Anda harus mengganti pipa (yang bisa meluas ke pipa utama di bawah jalan) atau menyaring airnya.

Sedangkan asbes adalah karsinogen, yakni zat yang dapat memicu kanker. Renovasi  pemindahan pipa yang mengandung asbes, yang tidak ditangani benar dapat membuat asbes menyebar. 

Baca juga: Jangan Gegabah, 5 Hal Ini Perlu Diketahui Saat Membeli Rumah Pertama

 

Barang-barang penting yang sudah usang

Selanjutnya, tanda bahaya yang perlu diperhatikan saat membeli rumah adalah berang-barang penting yang sudah usang. Mungkin Anda telah menemukan rumah yang kondisinya cukup bagus, tetapi belum pernah diperbarui dalam beberapa waktu.

Hal ini dapat menimbulkan masalah di luar estetika atau biaya tersembunyi yang muncul ketika Anda memperbarui rumah baru agar sesuai dengan standar kelistrikan dan struktur (selain gaya) saat ini.

"Saya akan melihat jendela dan menentukan umurnya. Apakah jendela tersebut sudah diperbarui dengan jendela berpanel termal," kata Lustbader.

Pembaruan mahal lainnya, termasuk sistem HVAC, pembaruan dapur dan kamar mandi, serta penggantian atap. 

Baca juga: Ingin Membeli Rumah? Hati-hati dengan Trik Mengelabui Ini

Ruang yang berantakan

Ilustrasi rumah, membeli rumah. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi rumah, membeli rumah.
Rumah yang tidak dirawat baik biasanya penuhi masalah, berantakan, serta tidak terurus. Allison Chiaramonte, agen real estate di Warburg Realty, mengatakan hal ini biasanya berarti ada sesuatu yang rusak atau akan segera rusak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com