Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Membeli Rumah Baru

Kompas.com - 30/09/2022, 15:53 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli rumah baru bisa menjadi perjalanan yang menyenangkan dan dipenuhi hal-hal tidak terduga.

Selain itu, membeli rumah juga membutuhkan penelitian yang signifikan dan perhatian terhadap detail. Bahkan sebelum memilih rumah yang paling cocok, Anda harus melakukan banyak riset.

Jika ingin membuat pengalaman membeli rumah benar-benar positif, ada beberapa hal penting yang harus ditambahkan dalam daftar pemeriksaan pembelian rumah seperti dilansir dari My Decorative, Jumat (30/9/2022). 

Baca juga: Periksa 6 Hal Ini Sebelum Membeli Rumah Second 

Lakukan inspeksi mendalam 

Ilustrasi rumah, Ilustrasi jalan masuk rumah.Shutterstock/Imagenet Ilustrasi rumah, Ilustrasi jalan masuk rumah.
Sangat penting memeriksa kondisi rumah mana pun sebelum melakukannya secara menyeluruh. Inspektur terlatih dan berkualifikasi dapat menilai rumah yang Anda diinginkan kemungkinan memiliki masalah besar, di antaranya pondasi, atap yang keropos, dan masalah pipa.

Apabila rumah memiliki masalah struktural yang signifikan, sebaiknya mengurungkan diri untuk membelinya karena biaya renovasinya bisa sangat mahal. 

Baca juga: 4 Fitur yang Dibutuhkan Rumah untuk Menunjang Kenyamanan

Bekerja sama dengan agen real estate

Bekerja sama dengan agen real estate berpengalaman dapat melakukan banyak hal untuk orang-orang yang ingin proses pencarian rumah berjalan lancar.

Mendapatkan bimbingan dari satu agen real estate bisa menjadi hal luar biasa. Mendapatkan saran dari banyak agen saat bersamaan bisa menjadi lebih baik. Ini dapat membantu  mendapatkan beberapa pendapat dari para ahli di bidang real estate. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Rumah dan Keluarga Tetap Aman serta Nyaman

Faktor lingkungan

Ilustrasi rumah, ilustrasi eksterior rumah.Shutterstock/Jaruwan Jaiyangyuen Ilustrasi rumah, ilustrasi eksterior rumah.
Pikirkan panjang lebar tentang faktor lingkungan sebelum membeli rumah. Sangat penting untuk pindah ke lingkungan yang cocok dengan gaya hidup Anda, tak peduli pindah sendiri atau bersama keluarga.

Pertimbangkan juga lokasi rumah apakah dekat dengan ttoko kelontong, tempat makan, taman komunitas, pusat perbelanjaan, dan banyak lagi.

Anda tidak ingin membuat kesalahan dengan pindah ke tempat yang tidak nyaman dan itu menurunkan kenyamanan serta relaksasi harian Anda. 

Baca juga: 6 Keuntungan Membeli Rumah Dibanding Apartemen, Apa Saja?

Fitur properti

Sangat menyenangkan pindah ke tempat tinggal yang dilengkapi dengan segala macam fitur yang dapat meningkatkan gaya hidup Anda.

Jika tidak ingin repot-repot memasang kolam renang di rumah sendiri, sebaiknya memilih rumah atau kompleks yang memiliki fasilitas tersebut.

Bila tidak menyukai kolam renang, ada beberapa fitur lain yang bisa dipilih seperti gazebo, dek, serta ruang bawah tanah. 

Baca juga: 5 Pemeriksaan Keamanan yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Rumah Baru

Banyak ruang

Ruang harus selalu menjadi pertimbangan penting bagi mereka yang membeli rumah atau pindah ke rumah baru.

Namun, pikirkan semuanya secara detail. Jika Anda berencana memulai sebuah keluarga di masa depan, tujuan Anda adalah menemukan rumah yang memiliki jumlah kamar tidur yang sesuai dengan jumlah anggota.

Pikirkan juga tentang ruang untuk hiburan, menjamu tamu, dan kamar tidur tambahan. Karena itu, penting memberi diri Anda cukup waktu untuk meneliti hal-hal di atas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com