Kompas.com - 29/09/2022, 18:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghabiskan waktu bersantai di rumah menjadi kegiatan yang diinginkan banyak orang. 

Ini tidak hanya bermanfaat mengembalikan energi, tapi juga menjaga kewarasan dan memberi ketenangan setelah lelah beraktivitas. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Rumah dan Keluarga Tetap Aman serta Nyaman

Namun, untuk membuat rumah menjadi tempat perlindungan yang nyaman serta tenang, Anda perlu berinvestasi pada fitur-fitur penting. 

Nah, dirangkum dari My Decorative, Kamis (29/9/2022), berikut sejumlah fitur yang dibutuhkan rumah untuk menunjang kenyamanan. 

AC

Ilustrasi AC atau pendingin udaraShutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi AC atau pendingin udara
AC atau sistem pendingin udara yang andal bisa sangat bagus untuk memberi ketenangan pikiran Anda. AC tidak hanya menyejukkan ruangan, tapi juga mencegah Anda dari rasa pusing dan kesal setiap kali suhu di luar sangat tinggi.

Namun, apabila menemukan masalah pada AC, segera melakukan perbaikan. Hubungi teknisi HVAC untuk pekerjaan perbaikan profesional sesegera mungkin. 

Baca juga: 6 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah 

Kipas angin

Namun, jika merasa tidak sanggup dengan biaya pengggunaan AC, Anda bisa menggunakan kipas angin sebagai solusi.

Kipas angin dapat membuat ruangan terasa sejuk terlepas dari situasi cuaca di luar ruangan. Selain itu, membuat tidur lebih mudah dan cepat pada malam hari.  

Baca juga: Cara Mencegah Tikus Masuk ke Rumah dengan Wol Baja

Dek

Ilustrasi dek atau lantai outdoor di taman rumahShutterstock/Artazum Ilustrasi dek atau lantai outdoor di taman rumah
Dek dapat membawa rumah ke tingkat lebih tinggi. Dek berguna untuk rumah tangga yang suka mengundang tamu atau mengadakan pertemuan di luar ruangan.

Selain itu, dek berguna sebagai ruang penyimpanan untuk peralatan dan perlengkapan berkebun. Jika membangun rumah yang menenangkan sekaligus fungsional, Anda harus mempertimbangkan konsep pemasangan dek profesional. 

Baca juga: Catat, Ini 5 Warna Cat yang Harus Dihindari di Ruang Keluarga

Ruang bawah tanah 

Ruang bawah tanah memberikan rumah banyak ruang ekstra. Ruang ekstra itu juga cocok untuk semua jenis aplikasi penting.

Anda dapat mengatur ruang bawah tanah yang sudah jadi dan membuatnya menjadi kamar tidur tamu yang luas dan pusat hiburan yang lengkap dengan televisi layar datar.

Namun, ruang bawah tanah lebih rentan terhadap serangan hama, jamur, dan lumut. Karena itu, pastikan ruang bawah tanah memiliki ventilasi yang cukup serta tidak ada kebocoran. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.