Kompas.com - 29/09/2022, 14:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah adalah tempat perlindungan yang aman dan nyaman, terlebih bila menghabiskan banyak waktu di dalamnya.

Rumah juga sering kali menjadi Anda kembali ke mana pun pergi dan tempat berkumpul menghabiskan waktu bersama keluarga. 

Baca juga: Cara Membuat Rumah yang Lebih Sehat untuk Ditempati

Selain itu, rumah juga menjadi tempat percakapan pribadi tetap menjadi privasi. Hal ini karena ada semacam kepercayaan antara Anda dan rumah. 

Namun, ada sejumlah hal yang dapat perlu dilakukan untuk membuat rumah lebih nyaman, aman, dan mengundang daripada sekarang. 

Nah, disadur dari My Decorative, Kamis (29/9/2022), berikut cara menjaga rumah dan keluarga tetap aman serta nyaman. 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Merenovasi Halaman Belakang Rumah 

Memurnikan udara

Ilustrasi ruang keluarga dengan banyak pencahayaan alami, Ilustrasi lantai bambu di ruang keluarga.Shutterstock/ninever Ilustrasi ruang keluarga dengan banyak pencahayaan alami, Ilustrasi lantai bambu di ruang keluarga.
Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan seberapa sering Anda membuka jendela agar udara segar masuk kerumah. 

Sebab, sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa udara di dalam ruangan jauh lebih kotor dibanding udara dalam rumah serta dipenuhi dengan segala macam kontaminan seperti asap rokok, tungau debu, dan spora jamur.

Anda tidak dapat melihat polusi udara ini, tapi saat mendapati anak-anak bersin secara teratur atau matanya berair, ini menandakan bahwa udara di dalam rumah sangat kotor serta tidak sehat.

Penyakit pernapasan adalah akibat dari polusi udara. Jangan menunggu sampai anggota keluarga mulai mengeluh tentang masalah kesehatan untuk mengambil tindakan.

Segera membuka jendela sesekali dalam waktu lama, terlebih pada siang hari. Dengan begitu, Anda akan menghirup udara segar. 

Baca juga: 6 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.