Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Faktor Penting yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Baru

Kompas.com - 10/06/2022, 12:21 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mengalami pelambatan sekitar dua tahun akibat pandemi Covid-19, pasar properti kini mulai kembali menunjukkan pertumbuhan. 

Saat ini, banyak masyarakat yang mulai mencari dan membeli rumah serta properti baru. Membeli rumah adalah investasi mahal yang menjanjikan serta bersifat jangka panjang. 

Baca juga: 5 Warna yang Harus Dihindari di Area Pintu Masuk Rumah

Namun, setiap harga properti dan hunian berbeda-beda. Nilai jual sebuah rumah dipengaruhi sejumlah faktor, di antaranya lokasi yang strategis, luas bangunan, hingga kondisi atau struktur bangunan. 

Karena itu, sebelum melakukan penawaran, ada sejumlah faktor atau persiapan yang perlu dilakukan demi menghindari kesalahan atau penyesalan pada kemudian hari. 

Menetapkan parameter yang tepat sebelum memulai pencarian rumah sama pentingnya dengan melakukan penawaran.  

Dikutip dari My Decorative, Jumat (10/6/2022), berikut lima hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah baru

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Tua 

Harga

Ilustrasi membeli rumah, tabungan perumahan. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi membeli rumah, tabungan perumahan.
Tentu saja, pasar berpihak pada pembeli karena ada beberapa properti bagus yang bisa dipilih. Namun, bukan berarti bahwa penjual akan menerima penawaran yang terlalu jauh di bawah harga yang diminta.

Karena itu, sebagai pembeli, Anda perlu menetapkan berapa banyak biaya yang dimiliki untuk membeli rumah dan mengetahui berapa banyak pinjaman bank yang diperoleh.  

Pembeli harus menentukan jenis properti apa yang ingin dibeli seperti berada di pusat kota atau pinggiran. Tentunya harga hunian itu harus memenuhi persyaratan dan anggaran mereka. 

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Kecil 

Lokasi

Lokasi menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah. Anda harus mempersempit daftar area yang ingin mereka beli, kemudian memeriksa secara menyeluruh faktor-faktor yang mempengaruhi.

Mulai dari, kondis lalu lintas, jarak mal dan pasar, kedekatan sekolah, dan fasilitas lain yang dianggap penting untuk mencapai kesepakatan. 

Membeli rumah yang kurang mewah di lingkungan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pembeli akan menjadi investasi yang jauh lebih baik daripada membeli rumah mewah di daerah yang mungkin tidak memenuhi semua kriteria pembeli. 

Baca juga: Membeli Rumah Baru Vs Rumah Tua, Ini Plus dan Minusnya 

Akomodasi 

Ilustrasi rumah.Shutterstock/Dariusz Jarzabek Ilustrasi rumah.
Sebelum membeli properti, pembeli harus yakin dengan perumahan dan persyaratan mereka.

Karena membeli rumah adalah investasi dan komitmen jangka panjang, Anda harus berusaha memastikan sejauh mungkin bahwa setiap rumah potensial yang dilihat dapat memenuhi persyaratan akomodasi setidaknya selama lima tahun ke depan.

Untuk itu, Anda harus menyusun daftar "harus dimiliki" dan "dapat dinegosiasikan" dalam hal persyaratan akomodasi mereka. 

Baca juga: 3 Keuntungan Membeli Rumah yang Memiliki Fitur Sunroom

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com