Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Keuntungan Membeli Rumah yang Memiliki Fitur Sunroom

Kompas.com - 23/04/2022, 08:53 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Rumah yang memiliki banyak sumber cahaya matahari menawarkan beragam manfaat, mulai dari kemudahan memelihara tanaman hias di dalam rumah, hingga hemat dalam menggunakan listrik

Selain itu, sumber cahaya matahari yang masuk ke rumah pun dapat membantu ruangan kecil terasa lebih besar secara visual.

Baca juga: 7 Tips Mendekorasi Sunroom agar Tampak Menarik dan Nyaman

Untuk mendapatkan banyak sumber cahaya matahari, tentunya sebuah rumah memerlukan banyak atau setidaknya beberapa jendela berukuran besar.

Namun, tidak semua orang dapat memiliknya karena beragam faktor, entah karena tembok rumah berdempetan dengan bangunan lain, atau rumah dikelilingi oleh gedung pencakar langit yang membatasi sinar matahari.

Ilustrasi sunroomSHUTTERSTOCK/BondRocketImages Ilustrasi sunroom

Ada beragam cara untuk mengatasi hal ini, salah satunya adalah dengan membeli rumah yang memiliki sunroom atau ruang berjemur.

Disadur dari Robertson Homes, Sabtu (23/4/2022), ada beragam keuntungan dari memiliki rumah dengan fitur ruang berjemur. Apa saja?

Baca juga: Rumah Kurang Cahaya Matahari? Begini Cara Memaksimalkannya

Meningkatkan efisiensi energi

Ruang berjemu yang dirancang dengan baik harus terbuat dari 50 persen kaca, serta mencakup jendela yang memiliki koefisien kehilangan panas matahari (low solar heat loss coefficient) yang rendah.

Biasanya, ruang berjemur tidak membutuhkan udara sentra atau panas. Memiliki ruang berjemur dengan kaca berinsulasi panel ganda dapat menjamin ruang yang nyaman dan santai sepanjang tahun.

Ditambah lagi, ruang berjemur dapat menjadi sumber panas tambahan untuk rumah. Hal ini dapat memungkinkanmu untuk menghemat tagihan listrik sepanjang musim dingin.

Baca juga: Pahami, Kebutuhan Cahaya Matahari untuk Tanaman di Dalam Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com