Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Meletakkan Furnitur di Setiap Ruangan untuk Mendapat Aliran Baik

Kompas.com - 22/04/2022, 23:11 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika meletakkan furnitur di dalam rumah, furnitur harus menciptakan aliran yang baik dan tidak membuat ruangan terlihat sesak.

Ashley Bowen, stylist editorial utama untuk Zulily, sebuah e-commerce, furnitur harus memungkinkan gerakan visual dan fisik dari satu ruangan ke ruangan berikutnya serta memudahkan bergerak masuk dan keluar. 

Baca juga: 5 Tips Aman Membeli Furnitur Restorasi Secara Online

"Namun, flow bukan hanya tentang memberi Anda dan tamu ruang bernapas. Aliran yang baikjuga akan memiliki elemen visual yang menyatukan semuanya, termasuk bahan dan warna yang serasi serta bentuk yang berulang," ucap Bowen dilansir dari Martha Stewart, Jumat (22/4/202). 

Jika ingin membuat aliran yang lebih baik, baik secara fisik maupun visual, dalam ruangan, berikut cara meletakkan furnitur di setiap ruangan. 

Baca juga: 6 Tips Memilih Furnitur Ruang Tamu yang Tepat agar Nyaman 

Jangan meletakkan terlalu banyak furnitur dalam satu ruangan

Ilustrasi ruang tamuUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang tamu
Menurut Emily Henderson, desainer interior dan pakar gaya rumah di sebuah perusahaan e-commerce, terlalu banyak furnitur dalam sebuah ruangan dapat menyebabkan tata letak terasa sempit.

"Misalnya, jika memasuki sebuah ruangan dan langsung berjalan ke bagian belakang kursi berlengan, itu akan membuat ruang terasa tertutup dan memiliki aliran buruk," katanya.

Menurut Henderson, langkah pertama menuju aliran yang baik adalah memastikan setiap perabot yang ditempatkan di rumah memiliki cukup ruang untuk bernapas. 

Baca juga: Catat, Ini 5 Furnitur yang Harus Dimiliki di Kamar Mandi

Bowen menambahkan bahwa furnitur tidak boleh menghalangi jalur alami. "Aliran terbaik masuk dan keluar dari sebuah ruangan adalah sesingkat dan selurus mungkin," turunya.

Hindari membuat terlalu banyak belokan serta menyulitkan untuk melewati atau mengakses fungsi ruangan.

Untuk memastikan menerapkan jalur alami itu, Henderson mengatakan di ruang tamu, Anda harus bisa berjalan di antara sofa dan meja kopi serta sofa dan kursi beraksen. Ruangan akan terasa lebih ringan jika mengikuti aturan ini. 

Baca juga: 5 Furnitur yang Harus Disingkirkan dari Ruang Kecil

Buat tata letak yang cerdas

Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dindingUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dinding
Untuk membuat tata letak berfungsi lebih baik, Bowen menyarankan memikirkan terlebih dulu bagaimana Anda akan menggunakan ruang, lalu memusatkan furnitur di sekitar aktivitas itu.

"Misalnya, di ruang TV, Anda ingin memaksimalkan jumlah kursi yang tersedia untuk menonton televisi secara optimal," imbuhnya.

Buat sofa utama sejajar dengan TV dan jika memiliki ruang, buat beberapa kursi miring di setiap ujungnya.

Tambahkan meja kopi dan meja ujung jika memiliki ruang untuk memaksimalkan luas permukaan serta menciptakan ruang yang tersedia untuk minuman dan makanan ringan. 

Baca juga: 3 Furnitur untuk Meningkatkan Kenyamanan di Ruang Keluarga 

Pertimbangkan gaya dan tekstur

Henderson mengatakan salah satu cara mudah menciptakan aliran visual dengan furnitur adalah memvariasikan berat dan gayanya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com