Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Beli Vacuum Cleaner

Kompas.com - 22/04/2022, 14:20 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah kamu sedang mencari vacuum cleaner yang tepat untuk rumahmu? Sebelum memutuskan untuk memilih vacuum cleaner yang tepat, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Vacuum cleaner terdiri dari berbagai merk yang menawarkan fitur dan desain yang beragam. Namun tak hanya tampilan luar saja, kamu juga perlu mempertimbangkan daya tahan dan kemampuan vacuum cleaner dalam menyedot debu.

Melansir dari Best Vacuum, Jumat (22/4/2022), berikut ini adalah 5 hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli vacuum cleaner.

Baca juga: Cara Menyiapkan Rumah untuk Dibersihkan Pakai Robot Vacuum Cleaner

Kebiasaan dan gaya hidup

Dalam memilih vacuum cleaner yang tepat untuk rumah, sebaiknya pilih yang sesuai dengan keadaan rumah dan gaya hidupmu.

Jika kamu memiliki hewan peliharaan dan anak kecil, kemungkinan besar karpet di rumah akan mudah kotor dengan tanah dan bulu hewan yang menempel. Tanah yang menempel di serat karpet dapat membuat tampilan karpet menjadi kusam.

Jika kamu memiliki rumah dengan lalu lintas di atas karpet sintetis yang padat, pilihlah vacuum cleaner dengan bulu agresif pada sikat yang berputar. Selain membersihkan tanah, sikat yang berputar ini juga efektif menyedot bulu hewan peliharaan.

Baca juga: Seberapa Sering Lantai Perlu Dibersihkan Pakai Vacuum Cleaner?

Jenis serat karpet

Selain serat olefin dan poliester, umumnya karpet terbuat dari serat sintetis, terutama nilon. Serat sintetis sangat tahan lama dan kuat, karena itu kamu dapat menggunakan vacuum cleaner rumah tangga paling agresif tanpa takut serat rusak.

Namun jika kamu memiliki karpet dengan serat alami seperti wol sebaiknya gunakan vacuum cleaner dengan kekuatan dan bulu sikat yang lembut.

Baca juga: Apakah Vacuum Cleaner Efektif untuk Membersihkan Karpet?

Kinerja vacuum cleaner

Ilustrasi vacuum cleaner robot. PEXELS/KINDEL MEDIA Ilustrasi vacuum cleaner robot.

Sebelum membeli vacuum cleaner pastikan kamu mengetahui fitur dan kinerja vacuum cleaner tersebut. Faktor yang paling penting adalah fitur hisap air dan aliran udaranya.

Seringkali kita hanya melihat watt yang dibutuhkan vacuum cleaner, padahal daya hisap dan kinerja mesin juga perlu kita pertimbangkan.

Ada beberapa desain vacuum cleaner dengan fitur beragam yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya saja vacuum cleaner motor by-pass, tegak dan tabung.

Baca juga: Sapu Vs Vacuum Cleaner, Mana yang Lebih Baik untuk Membersihkan Lantai?

Filtrasi

Salah satu elemen penting, namun sering diabaikan adalah kemampuan vacuum cleaner untuk menahan kotoran terutama partikel halus yang disedotnya.

Jika vacuum cleaner tidak memiliki filtrasi tingkat tinggi, partikel halus ini dapat langsung kembali ke udara ruangan yang kemudian mengendap sebagai debu.

Agar lebih aman, gunakan vacuum cleaner dengan HEPA filter untuk mengatasi partikel kecil yang tidak tersedot. Filter ini memiliki efisiensi 99,97% dan dapat menyedot partikel berukuran 0,3 mikron.

Baca juga: Ecovacs Robotics Rilis Vacuum Cleaner Robot dengan Beragam Fitur Unik

Kualitas dan daya tahan

Memilih vacuum cleaner dengan kualitas dan daya tahan yang baik merupakan investasi bagi rumah tangga. Meskipun harganya lebih mahal namun kamu bisa menggunakannya hingga bertahun-tahun.

Pilihlah vacuum cleaner dengan desain kokoh, fitur yang baik dan garansi yang panjang terutama pada garansi mesinnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com