Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Mempercantik Ruangan, Ini 3 Manfaat Bunga Segar di Rumah

Kompas.com - 22/04/2022, 12:14 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Bunga segar yang warna-warni memang terlihat bagus bila diletakkan di dalam rumah. Sebab, akan memberikan nilai tambah pada desain ruangan.

Menariknya lagi, bunga segar yang ditaruh di sebuah ruangan juga memiliki banyak manfaat untuk sehari-hari.

Melansir dari Floraqueen, Jumat (22/4/2022) berikut alasan penting kenapa kamu perlu menaruh bunga segar di rumah selain untuk mempercantik desain interior.

Baca juga: Manfaat Gula di Rumah, Segarkan Bunga Potong hingga Membersihkan Noda

Bunga bisa membersihkan udara

Bunga segar akan memberikan nuansa alami dan mengeluarkan bau yang wangi untuk relaksasi di dalam rumah.

Namun, beberapa bunga seperti peace lily, garbera, dan bromelia memiliki manfaat untuk membersihkan udara. Hal ini karena ketiga bunga tersebut menurut sebuah penelitian bisa membantu menghilangkan racun di udara.

Baca juga: Trik Mengatasi Kerontokan Bunga pada Tanaman Cabai

Selain itu, mereka juga mengeluarkan banyak oksigen ke udara, sehingga akan membuat kualitas udara di dalam ruangan meningkat. Bahkan menaruh bunga peace lily di kamar juga bisa meningkatkan kualitas tidur.

Kamu juga bisa meletakkan bunga yang bisa mengeluarkan harum mewangi seperti mawar atau melati di dalam rumah. Wangi bunga akan menjadi aromaterapi yang membuat tubuh rileks.

Baca juga: Penyebab Pembusukan Ujung Bunga pada Tanaman Tomat dan Mencegahnya

Bisa mencerahkan suasana hati

Ilustrasi merangkai bunga Ilustrasi merangkai bunga

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Nancy Etcoff pada tahun 2006 di Harvard, meletakkan bunga di dalam rumah pada area yang sering dilihat bisa meningkatkan suasana hati.

Hal ini karena dengan melihat bunga yang indah setiap waktu di rumah akan memberikan semangat untuk hidup. Apalagi ditengah-tengah masalah kehidupan yang mungkin menekan batin.

Selain itu, bunga di dalam ruangan juga bisa melembutkan hati dan meningkatkan kasih sayang terhadap orang lain.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Matahari, Bikin Halaman Rumah Lebih Cerah

Bunga bermanfaat untuk kesehatan dan kognitif

Bunga segar ternyata juga mempengaruhi kesehatan fisiologis seperti menurunkan tekanan darah, mengatasi kelelahan, dan mengurangi rasa sakit menurut penelitian Park dan Matson pada tahun 2008.

Selain itu, bunga segar juga berdampak positif terhadap kesehatan psikologis. Hal ini karena ketika memandang bunga, stres yang kamu alami akan perlahan-lahan berkurang.

Manfaat lain yang menakjubkan dari menaruh bunga segar di rumah yakni mampu mempengaruhi kerja kognitif otak.

Baca juga: Cara Aman Mencairkan Bunga Es di Freezer Secara Manual

Menurut Raanaas, Evensen, Rich, Sjostrom, dan Patil ketika mereka meletakkan bunga di ruang kerja mampu mempengaruhi kemampuan berfikir. Sehingga mereka bisa menyelesaikan proyek besar dengan fokus tinggi.

Hebatnya lagi, kamu bisa mendapat manfaat ini dengan mudah. Hanya dengan memotong beberapa tangkai bunga mawar lalu menaruhnya ke dalam vas dengan air. Kamu juga meletakkan bunga hidup di dalam pot langsung di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com