Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Pembusukan Ujung Bunga pada Tanaman Tomat dan Mencegahnya

Kompas.com - 21/04/2022, 08:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat menanam tomat, salah satu masalah paling umum yang ditemui adalah busuk ujung bunga.

Semuanya tampak baik-baik saja saat Anda menyaksikan buah-buahan kecil itu tumbuh lebih besar dari hari ke hari dan perlahan-lahan matang. 

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Tanaman Tomat di Pot

Namun, setelahnya, Anda akan melihat titik lemah di bagian bawah tomat yang berubah menjadi hitam. Artinya, busuk ujung bunga telah menyerang tanaman tomat.

Meski demikian, pembusukan tersebut bukan akhir dari cerita menanam tomat. Namun, Anda tetap harus segera membuang buah yang terkena pembusukan ke tumpukan kompos

Baca juga: 3 Cara Mengetahui Buah Tomat Sudah Matang dan Bisa Dipetik

 

Apa penyebab busuk ujung bunga pada tomat?

Ilustrasi tanaman tomatUnsplash/Shalev Cohen Ilustrasi tanaman tomat
Dilansir dari Better Homes and Garden, Kamis (21/4/2022), penyebab busuk ujung bunga pada tanaman tomat bukan karena serangga atau penyakit.

Masalah yang juga dikenal sebagai busuk bawah ini disebabkan kekurangan kalsium akibat kondisi kering.

Tanaman tomat membutuhkan kalsium pada semua bagian yang tumbuh aktif, dari akar hingga buah. Kalsium diangkut dari satu tempat ke tempat lain melalui air.

Saat kekurangan air, seperti pada musim kemarau, kalsium tidak bisa masuk sepenuhnya dari akar ke buah yang sedang berkembang sehingga terjadi pembusukan ujung bunga. 

Baca juga: Cara Membersihkan Wajan Gosong Pakai Garam, Cuka, dan Saus Tomat

Mungkin Anda pernah mendengar pengobatan rumahan yang bisa meningkatkan kalsium seperti menanam tomat dengan tablet antasida atau cangkang telur untuk menghindari pembusukan ujung bunga.

Meski barang-barang ini tidak akan merusak tanaman, itu tidak akan membuat banyak perbedaan karena sebagian besar tanah sudah memiliki banyak kalsium.

Masalah lebih besar adalah tidak cukup air untuk memindahkan kalsium ke buah. Namun, tes tanah akan mengungkapkan jika kalsium atau nutrisi penting tanaman lainnya kurang. 

Baca juga: 5 Jamur yang Sering Menyerang Tanaman Tomat, Bikin Buah Membusuk

Tomat pertama musim ini paling rentan karena semua bagian tanaman tumbuh dengan cepat sehingga kalsium sangat dibutuhkan.

Saat tanaman memindahkan kalsium dari akarnya, batang dan daun akan menggunakannya terlebih dahulu.

Hal ini kadang-kadang mmebuat tidak ada cukup kalsium yang tersisa untuk buah yang matang, yang mengakibatkan pembusukan ujung bunga yang hitam dan lembek. 

Baca juga: 6 Benda di Rumah Ini Bisa Dibersihkan dengan Saus Tomat

Cara mencegah busuk ujung bunga

Tomat juga merupakan salah satu buah untuk menurunkan kolesterol.PIXABAY/KIE-KER Tomat juga merupakan salah satu buah untuk menurunkan kolesterol.
Pembusukan ujung bunga pada tanaman tomat bukan penyakit serta tidak menular. Tomat yang mengalami gejala tersebut tidak akan "berbagi" masalah dengan tomat lainnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com