Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Memilih Lemari Baju yang Tepat untuk Kamar Tidur Sempit

Kompas.com - 22/04/2022, 13:53 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kamar yang sempit akan membuat bingung ketika ingin meletakkan lemari untuk menaruh baju atau barang berharga lainnya. Hal ini karena kamar kecil akan semakin sesak bila memiliki lemari dengan ukuran yan kurang pas.

Dilansir dari 1News, Jumat (22/4/2022) ada empat tips memilih lemari untuk kamar yang kecil agar tak semakin sesak dan bisa terasa luas.

Sebelum kamu membeli lemari, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut bila kamarmu sempit.

Baca juga: 6 Tips Mengatur Lemari Pakaian Menurut Para Ahli

Mengukur luas ruangan kamar

Pertama, tentu saja kamu perlu mengukur seberapa luas kamar yang dimiliki. Hal ini agar kamu bisa menghindari memilih lemari yang besar.

Selain itu, agar kamar bisa memiliki ruang kosong. Sehingga dapat membuatmu bergerak atau melakukan aktifitas lain di kamar lebih leluasa.

Baca juga: 6 Tips Menata Lemari Handuk dan Seprai agar Lebih Rapi

Memilih lemari warna putih

Pemilihan warna pada furnitur juga bisa membuat ruangan sempit menjadi lebih lega. Sebab, warna bisa membuat ilusi pada mata.

Bila kamarmu sempit sebaiknya kamu pilih lemari dengan warna putih. Warna yang satu ini bisa membuat ilusi ruangan tampak luas.

Selai itu, kamu juga bisa memilih lemari pakaian warna putih yang dilengkapi dengan cermin. Pantulan cahaya pada cermin di dalam ruangan akan membuat kamar tampak lebih besar.

Baca juga: 5 Tips Menghilangkan Bau pada Tas yang Terlalu Lama Disimpan di Lemari

Pilih lemari yang multifungsi

Ilustrasi kamar tidur sempit, kamar tidur kecil.UNSPLASH/ALBERT VINCENT WU Ilustrasi kamar tidur sempit, kamar tidur kecil.

Memiliki kamar dengan luas yang terbatas tentu membuatmu kurang leluasa menaruh furnitur atau barang-barang berharga di kamar. Jadi, kamu perlu memilih lemari yang multifungsi.

Ini agar kamu bisa menaruh banyak barang di lemari. Juga menghindari furnitur lain, misalnya nakas untuk menyimpan benda berharga lainnya. Sehingga kamar bisa memiliki ruang terbuka yang cukup untuk membuatmu merasa lega.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Jamur Muncul di Lemari Pakaian

Memilih pintu lemari dengan pintu geser

Pemilihan pintu pada lemari juga penting. Alasannya yakni bila lemari memiliki pintu dengan bukaan depan memberikan kesan bila lemari kurang ramping. Sehingga membuat kamar bisa semakin lebih sempit.

Sementara bila kamu menggunakan lemari yang memiliki pintu geser akan memberikan kamar kesan luas. Sebab, selain model lemari yang ramping, lemari dengan pintu geser akan membuat ruangan lebih rapi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur di Lemari Pakaian

Selain memperhatikan keempat tips di atas, sebaiknya kamu juga memilih bahan lemari yang bekualitas. Tentu saja ini agar lemari bertahan lama.

Pilihlah lemari yang memiliki kayu kuat dan anti rayap seperti kayu jati. Jangan sampai terkecoh dengan lemari yang memiliki harga murah, karena kebanyakan terbuat dari kayu yang lunak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com