Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Memilih Vacuum Cleaner Robot Sebelum Membeli

Kompas.com - 22/12/2021, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan debu adalah salah satu tugas penting di rumah, namun melelahkan. Inilah penyebab kehadiran vacuum cleaner atau alat penyedot debu menjadi penting untuk meringankan kegiatan membersihkan rumah.

Ada beberapa jenis vacuum cleaner yang sudah dikenal masyarakat. Namun, belakangan hadir robot vacuum cleaner atau vacuum cleaner robot yang dapat menyedot debu secara otomatis.

Vacuum cleaner robot adalah cara yang tepat untuk membersihkan rumah Anda dan solusi ideal untuk rumah tangga yang sibuk,” kata pakar kategori Colin Jones dari Appliances Online, seperti dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Rabu (22/12/2021).

Baca juga: 4 Tips Membersihkan Dinding Rumah agar Bebas Debu dan Tampak Baru

Ilustrasi robot vacuum cleaner, vacuum cleaner robot.UNSPLASH/JAN ANTONIN KOLAR Ilustrasi robot vacuum cleaner, vacuum cleaner robot.

“Tidak perlu mencolokkan penyedot debu dan berjalan-jalan di sekitar rumah Anda, unit ini dapat dengan mudah biarkan untuk membersihkan, dengan menekan sebuah tombol," imbuh Jones.

Banyak merek vacuum cleaner robot yang kini hadir di pasaran. Akan tetapi, bagaimana memilih vacuum cleaner robot terbaik untuk rumah tangga Anda?

Berikut beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan saat memilih vacuum cleaner robot.

1. Lantai

“Salah satu faktor pertama yang perlu dipertimbangkan saat membeli vacuum cleaner robot adalah jenis lantai di rumah Anda. Jika rumah Anda memiliki semua ubin dan lantai kayu, maka kotoran di lantai Anda akan dikumpulkan bahkan oleh vacuum cleaner robot yang paling dasar," ujar Jones.

Baca juga: Kenapa Debu Cepat Menumpuk di Rumah?

2. Fungsi mengepel

"Untuk rumah tangga menengah hingga besar, pelanggan mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli vacuum cleaner robot yang memiliki lebih banyak fitur seperti kemampuan menyapu, menyedot debu, dan mengepel," saran Jones.

Unit dengan fungsi ganda ini, sambung dia, sangat bagus untuk keluarga yang memiliki ruang lebih besar dan mungkin ada anak kecil atau hewan peliharaan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com