Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, Begini Cara Membersihkan Robot Vacuum Cleaner yang Benar

Kompas.com - 28/10/2021, 20:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Robot vacuum cleaner kini banyak digemari karena kemampuannya beroperasi sendiri dalam menyedot debu. Dengan demikian, Anda dapat leluasa melakukan kegiatan lain di rumah, namun ruangan tetap bersih bebas debu.

Meski begitu, jangan lupa bahwa robot vacuum cleaner juga harus rutin dibersihkan. Alat pembersih ini harus bebas dari serpihan untuk memastikan navigasi yang mulus dan daya isap yang kuat untuk mempercepat pekerjaan membersihkan lantai.

Ada banyak bagian yang harus dirawat pada robot vacuum cleaner. Namun, jangan khawatir, perawatannya mudah dan yang Anda butuhkan hanyalah rutinitas yang baik untuk tetap melakukannya.

Baca juga: 7 Kesalahan Menggunakan Vacuum Cleaner yang Sering Dilakukan

Ilustrasi robot vacuum cleaner, vacuum cleaner robot.UNSPLASH/JAN ANTONIN KOLAR Ilustrasi robot vacuum cleaner, vacuum cleaner robot.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (28/10/2021), berikut cara membersihkan robot vacuum cleaner yang benar agar dapat terus bekerja dengan baik.

Sebelum Anda mulai, matikan robot vacuum cleaner untuk menghindari pemicu tombol apa pun secara tidak sengaja dan memicu bunyi bip yang berisik dari mesin.

1. Bersihkan tempat sampah robot vacuum cleaner

Tempat sampah mengumpulkan apa yang telah tersedot.

Tempat sampah yang penuh menghambat pengisapan, jadi harus dikosongkan setiap kali selesai digunakan.

Baca juga: Selain Karpet, Ini 6 Benda yang Bisa Dibersihkan dengan Vacuum Cleaner

Kosongkan tempat sampah meskipun tidak penuh. Membiarkan mesin bekerja kembali berisiko tempat sampah terisi sebagian melalui pembersihan berikutnya, yang membuat upaya pembersihan menjadi kurang efektif.

Beberapa orang, terutama pemilik hewan peliharaan, mungkin menganggap mengosongkannya di tengah siklus pembersihan bermanfaat, karena bulu hewan peliharaan dengan cepat mengisi tempat sampah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com