Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/11/2021, 07:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah adalah kegiatan yang perlu dilakukan secara rutin. Namun, seringkali setelah membersihkan perabotan, peralatan elektronik, dan pernak-pernik, sehari kemudian Anda mungkin melihat debu kembali muncul.

Menurut Vera Peterson, presiden Molly Maid, debu bergerak secepat itu. Dengan demikian, debu bisa cepat menumpuk di berbagai permukaan di rumah.

"Pada permukaan yang baru bersih, Anda cenderung melihat debu ketika menumpuk," kata Peterson seperti dikutip dari Martha Stewart, Senin (8/11/2021).

Baca juga: Simak, 8 Cara Membuat Kamar Tidur Bebas Debu

Ilustrasi debu di rumah.SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi debu di rumah.

"Namun, jika metode pembersihan debu Anda tidak efisien, Anda mungkin mengaduk lebih banyak debu daripada yang Anda tangkap," imbuhnya.

Cara paling efisien untuk membersihkan debu adalah dengan pendekatan top-down alias dari atas ke bawah, menurut Peterson.

"Saat membersihkan debu, kerjakan dari atas ke bawah dulu, lalu vakum," terang Peterson.

Cara ini dilakukan untuk menghindari keharusan menyedot debu dua kali, baik sebelum dan sesudah Anda membersihkan debu. Sementara kemoceng pernah menjadi alat yang populer untuk menyapu berbagai permukaan, kain mikrofiber adalah yang terbaik.

Baca juga: Cara Menjaga Furnitur Kayu Bebas Debu Lebih Lama

"(Alat) ini akan mengumpulkan debu, bukan hanya mendorongnya," jelas Peterson.

Membersihkan debu dengan kain mikrofiber juga akan mengurangi jumlah partikel debu yang dibuang kembali masuk ke rumah. Partikel ini cenderung mendarat di meja dan peralatan yang baru dibersihkan, yang akhirnya debu menumpuk lebih cepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com