Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2021, 19:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirih gading atau pothos adalah salah satu tanaman hias populer. Banyak orang menggemarinya karena mudah dirawat dan memiliki penampilan warna daun yang menarik.

Salah satu jenis tanaman sirih gading yang menawan adalah sirih gading manjula. Jenis tanaman sirih gading ini memiliki ciri khas daun besar berbentuk hati dengan warna putih, hijau, dan krem yang menakjubkan.

Dibandingkan dengan jenis sirih gading lainnya, sirih gading manjula lebih sulit didapat karena cukup langka.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Sirih Gading Neon yang Dekoratif

Sama seperti jenis sirih gading lain, sirih gading manjula juga beracun bagi manusia, kucing, dan anjing jika tertelan. Jauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan yang mungkin mencoba menjangkaunya.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (8/11/2021) berikut cara merawat tanaman sirih gading manjula.

Meskipun penampilannya megah, sirih gading manjula sebenarnya cukup mudah dirawat. Sirih gading manjula mudah beradaptasi dan berkembang dalam kondisi pertumbuhan rumah tangga biasa.

Karena tingkat variegasinya yang intens, sirih gading manjula menghargai lebih banyak cahaya daripada varietas yang tidak beraneka ragam, tetapi perawatannya sangat mirip dengan sirih gading biasa.

Baca juga: Cara Merawat Sirih Gading di Dalam Ruangan

Pencahayaan

Sirih gading manjula dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi pencahayaan, pastikan untuk menghindari sinar matahari langsung yang keras yang dapat membakar daunnya.

Sementara sirih gading manjula dapat bertahan dalam kondisi cahaya rendah, mereka membutuhkan sedikit lebih banyak cahaya daripada varietas sirih gading lainnya untuk menjaga variegasi putih di daun. Dengan demikian, bidiklah cahaya terang dan tidak langsung jika memungkinkan.

Tanah

Tanam sirih gading dalam media tanam yang lembek dan mengering dengan baik. Media tanam untuk tanaman dalam ruangan standar biasanya baik untuk sirih gading ini.

Akan tetapi, menambahkan beberapa perlit ekstra untuk meningkatkan drainase biasanya merupakan ide yang bagus.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com