Kompas.com - 07/11/2021, 19:36 WIB
Ilustrasi tanaman hias sirih gading Manjula. SHUTTERSTOCK/SHADOW INSPIRATIONIlustrasi tanaman hias sirih gading Manjula.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirih gading atau pothos adalah salah satu tanaman hias populer. Banyak orang menggemarinya karena mudah dirawat dan memiliki penampilan warna daun yang menarik.

Salah satu jenis tanaman sirih gading yang menawan adalah sirih gading manjula. Jenis tanaman sirih gading ini memiliki ciri khas daun besar berbentuk hati dengan warna putih, hijau, dan krem yang menakjubkan.

Dibandingkan dengan jenis sirih gading lainnya, sirih gading manjula lebih sulit didapat karena cukup langka.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Sirih Gading Neon yang Dekoratif

Sama seperti jenis sirih gading lain, sirih gading manjula juga beracun bagi manusia, kucing, dan anjing jika tertelan. Jauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan yang mungkin mencoba menjangkaunya.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (8/11/2021) berikut cara merawat tanaman sirih gading manjula.

Meskipun penampilannya megah, sirih gading manjula sebenarnya cukup mudah dirawat. Sirih gading manjula mudah beradaptasi dan berkembang dalam kondisi pertumbuhan rumah tangga biasa.

Karena tingkat variegasinya yang intens, sirih gading manjula menghargai lebih banyak cahaya daripada varietas yang tidak beraneka ragam, tetapi perawatannya sangat mirip dengan sirih gading biasa.

Baca juga: Cara Merawat Sirih Gading di Dalam Ruangan

Pencahayaan

Sirih gading manjula dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi pencahayaan, pastikan untuk menghindari sinar matahari langsung yang keras yang dapat membakar daunnya.

Sementara sirih gading manjula dapat bertahan dalam kondisi cahaya rendah, mereka membutuhkan sedikit lebih banyak cahaya daripada varietas sirih gading lainnya untuk menjaga variegasi putih di daun. Dengan demikian, bidiklah cahaya terang dan tidak langsung jika memungkinkan.

Tanah

Tanam sirih gading dalam media tanam yang lembek dan mengering dengan baik. Media tanam untuk tanaman dalam ruangan standar biasanya baik untuk sirih gading ini.

Akan tetapi, menambahkan beberapa perlit ekstra untuk meningkatkan drainase biasanya merupakan ide yang bagus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.