Kompas.com - 07/11/2021, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Iklim tropis di Indonesia menjadikan negara ini memiliki dua musim yakni musim kemarau dan musim penghujan. 

Saat musim kemarau, tentu Anda akan merasakan udara panas dan pengap di rumah sehingga membuat Anda tidak betah akhirnya memilih cara instan yakni menyalakan AC agar ruangan sejuk.

Padahal ada 5 cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membuat ruangan tetap terasa dingin meskipun tanpa AC. Melansir dari Renonation pada Minggu (07/11/2021) berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara agar Listrik Tetap Hemat saat Menggunakan AC

Pasang tirai atau kerai

Sinar matahari, selain baik untuk kesehatan fisik dan emosional, juga dapat mengundang banyak panas dan kehangatan ke dalam rumah Anda.

Investasikan pada tirai anti tembus pandang atau kerai yang menahan panas, namun tetap membiarkan udara masuk ke ruangan.

Pilih yang berwarna terang karena warna terang memantulkan cahaya sedangkan warna gelap menyerap cahaya.

Jika Anda membutuhkan sedikit sinar matahari, buka jendela yang tidak menghadap langsung ke matahari.

Baca juga: 5 Inspirasi Ruang Tamu Berwarna Toska yang Sejuk dan Menyegarkan

Tempel di kaca film surya

Apakah Anda ingin tetap bisa menikmati pemandangan luar dengan udara sejuk di dalam ruangan? Tempelkan saja kaca film pada jnedela.

Ini dirancang untuk memantulkan atau menyerap panas tanpa menghalangi pandangan. Untuk memeriksa seberapa banyak panas atau cahaya yang dapat diblokir oleh film surya, tanyakan pada ahlinya sebelum memasang.

Baca juga: 7 Pohon Peneduh untuk Pekarangan Rumah yang Sejuk

Berinvestasi dalam dehumidifier

Kelembaban yang tinggi (kelembaban di udara) dapat membuat Anda merasa lebih hangat, karena mengurangi kemampuan keringat untuk menguap dari tubuh Anda.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.