Kompas.com - 07/11/2021, 17:10 WIB
Ilustrasi talenan kayu. UNSPLASH/MAX DELSIDIlustrasi talenan kayu.

JAKARTA, KOMPAS.com- Talenan adalah alat penting di dapur. Jika Anda tidak menjaga kebersihan dapur dan talenan sehingga membuatnya lembab, maka ia akan mudah berjamur.

Berbagai jenis talenan dirancang untuk memotong makanan yang berbeda. Misalnya, talenan kayu, talenan kaca, talenan bambu, hingga talenan yang terbuat dari plastik maupun alumunium.

Anda harus menjaga dan merawat talenan agar awet dan tentunya tidak mudah berjamur. Bagaimana cara menjaga talenan kayu tetap bersih? Melansir dari Renonation pada Minggu (07/11/2021) berikut penjelasannya!

Baca juga: Gampang, Ini Cara Menghilangkan Bau Bawang pada Talenan Kayu

Talenan kayu

Talenan kayu cocok untuk memotong daging mentah karena memiliki daya hisap yang kuat dan tidak melukai pisau.

Setelah memotong daging mentah dan makanan laut, Anda harus segera mencuci darah dengan air dingin untuk mencegah protein mengeras.

Kemudian taburi talenan dengan garam atau baking powder. Beri scrub lalu disinfeksi dengan air panas.

Setelah disikat, gantung talenan kayu tegak lurus agar kedua sisinya dapat terkena udara hingga kering dan terhindar dari jamur.

Selain itu, taburi dengan baking powder di atas talenan. Semprotkan cuka putih untuk menggosok, lalu bilas dengan air bersih, lalu gantung tegak hingga kering juga dapat mencapai efek pembersihan yang baik.

Baca juga: Cara Membersihkan Talenan Kayu dan Plastik agar Tahan Lama

Talenan bambu

Talenan bambu cocok untuk memotong makanan matang atau buah dan sayuran. Metode pembersihannya sama dengan talenan kayu.

Taburkan baking powder pada talenan bambu setiap selesai digunakan, lalu gunakan spons untuk menggosok dan biarkan kering.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.