Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Talenan dan Cara Membersihkannya agar Tidak Berjamur

Kompas.com - 07/11/2021, 17:10 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Talenan adalah alat penting di dapur. Jika Anda tidak menjaga kebersihan dapur dan talenan sehingga membuatnya lembab, maka ia akan mudah berjamur.

Berbagai jenis talenan dirancang untuk memotong makanan yang berbeda. Misalnya, talenan kayu, talenan kaca, talenan bambu, hingga talenan yang terbuat dari plastik maupun alumunium.

Anda harus menjaga dan merawat talenan agar awet dan tentunya tidak mudah berjamur. Bagaimana cara menjaga talenan kayu tetap bersih? Melansir dari Renonation pada Minggu (07/11/2021) berikut penjelasannya!

Baca juga: Gampang, Ini Cara Menghilangkan Bau Bawang pada Talenan Kayu

Talenan kayu

Talenan kayu cocok untuk memotong daging mentah karena memiliki daya hisap yang kuat dan tidak melukai pisau.

Setelah memotong daging mentah dan makanan laut, Anda harus segera mencuci darah dengan air dingin untuk mencegah protein mengeras.

Kemudian taburi talenan dengan garam atau baking powder. Beri scrub lalu disinfeksi dengan air panas.

Setelah disikat, gantung talenan kayu tegak lurus agar kedua sisinya dapat terkena udara hingga kering dan terhindar dari jamur.

Selain itu, taburi dengan baking powder di atas talenan. Semprotkan cuka putih untuk menggosok, lalu bilas dengan air bersih, lalu gantung tegak hingga kering juga dapat mencapai efek pembersihan yang baik.

Baca juga: Cara Membersihkan Talenan Kayu dan Plastik agar Tahan Lama

Talenan bambu

Talenan bambu cocok untuk memotong makanan matang atau buah dan sayuran. Metode pembersihannya sama dengan talenan kayu.

Taburkan baking powder pada talenan bambu setiap selesai digunakan, lalu gunakan spons untuk menggosok dan biarkan kering.

Untuk desinfeksi, tuangkan cuka putih di atas kertas dapur atau handuk dan tutupi di atas talenan bambu. Tunggu 10 menit sebelum dicuci.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Talenan Kayu agar Tidak Mudah Rusak dan Bebas Bau

Talenan plastik

Talenan plastik ringan dan murah. Mereka cocok untuk memotong buah dan sayuran dan makanan yang dimasak.

Cara membersihkannya adalah dengan menggosok secara menyeluruh dengan detergen searah dengan bekas pisau kemudian biarkan hingga benar-benar kering.

Karena talenan plastik tidak dapat dipoles, jika bekas pisau berjamur, sebaiknya diganti dengan yang baru.

Baca juga: Cara Membersihkan Talenan Kayu dengan Lemon agar Tahan Lama

Talenan kaca

Meskipun talenan kaca rapuh, kelebihannya adalah tidak mudah terkena bekas pisau dan cocok untuk memotong buah dan sayuran.

Membersihkannya juga sangat sederhana. Cukup gunakan spons dan deterjen untuk menggosok dan mengeringkan atau bilas dengan air panas untuk membersihkan kotoran yang terlihat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com