Kompas.com - 07/11/2021, 14:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pohon pisang cukup mudah ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Selain buahnya yang bisa dimakan, semua bagian dari pohon pisang dapat dimanfaatkan untuk menyuburkan tanah dan tanaman.

Bagian-bagian dari pohon pisang tersebut dapat diolah menjadi mikro organisme lokal (MOL), kompos, pupuk organik padat, pupuk organik cair (POC), dan zat perangsang tumbuh (ZPT).

Dikutip dari kanal YouTube Alam Organik, Minggu (7/11/2021), berikut ini 7 bagian pohon pisang yang bisa sangat bermanfaat untuk tanaman.

Baca juga: Kulit Pisang Disebut Bisa Suburkan Tanaman, Benarkah?

1. Akar pohon pisang

Akar pisang dapat diolah menjadi PGPR atau Plant Growth Promoting Rhizobacteria (pertumbuhan tanaman mempromosikan rhizobakteri).

Sebab, akar pisang mampu mengikat nitrogen dari udara atau dari alam bebas dengan bantuan bakteri yang ada pada akar pisang, sehingga membantu menyuburkan tanah dan tanaman.

2. Bonggol pohon pisang

Bonggol pohon pisang merupakan pokok dari pohon pisang. Pada bagian bawah bonggol pohon pisang ditumbuhi oleh akar untuk mencari makanan.

Sementara, bagian atas bonggol pohon pisang ditumbuhi oleh batang semu dari pohon pisang.

Baca juga: Catat, Manfaat Kulit Pisang untuk Tanaman dan Cara Mengaplikasikannya

Terkait dengan bagian bonggol pohon pisang, kamu dapat mengolahnya menjadi MOL. Ketika diolah menjadi MOL, bonggol pohon pisang dapat memunculkan tujuh jenis bakteri.

3. Batang pohon pisang

Batang pohon pisang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menyuburkan tanaman. Sebab, pada bagian batang pohon pisang terdapat kandungan unsur hara fosfor yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, batang pohon pisang dapat diolah menjadi pupuk organik yang sangat besar peranannya untuk kesuburan tanah.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.