Kompas.com - 11/10/2021, 09:03 WIB
Ilustrasi kulit pisang. PIXABAY/ALEXAS_FOTOSIlustrasi kulit pisang.

JAKARTA, KOMPAS.com--Kulit dari buah pisang disebut bisa membuat tanaman hias menjadi lebih subur. Benarkah demikian? Berikut penjelasannya.

Air rendaman kulit pisang diketahui mengandung beberapa nutrisi tambahan yang baik untuk tanaman. Namun, bukan berarti kamu bisa mengandalkan kulit pisang saja untuk memberikan nutrisi pada tanaman.

Karena meski kulit pisang mengandung kalium dan fosfor yang dibutuhkan oleh tanaman, namun tanaman juga membutuhkan nutrili yang lainnya.

Terlebih, jika yang kamu berikan adalah kulit pisang basah yang hampir 80 persen kandungannya adalah air, maka nutrisi dari pisang tidaklah cukup. 

Baca juga: 3 Cara Membuat Pupuk Tanaman dari Kulit Pisang

Untuk itu selain memberikan kulit pisang, sebaiknya kamu juga tetap memberikan pupuk untuk tanaman.

Sebenarnya, membuat kompos dari kulit pisang dengan cara menguburnya, mengandung lebih banyak nutrisi daripada merendamnya di dalam air.

Namun tetap saja, pupuk masih menjadi rekomendasi untuk menutrisi tanaman hias.

Kelemahan kulit pisang

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Senin (11/10/2021), kelemahan lain dari mengubur kulit pisang, terutama di tanah tanaman hias, adalah dapat menarik hama seperti lalat buah dan agas jamur saat membusuk.

Karena itu jangan buang sampah kulit pisang begitu saja. Kamu bisa mengumpulkan kulit pisang dengan sampah organik lainnya untuk dijadikan kompos.

Dengan dibuat kompos, kulit pisang akan membusuk tanpa menarik hama untuk datang dan tentu akan memberikan nutrisi tambahan untuk pupuk kompos buatanmu.

Kamu juga dapat menambahkan potongan buah dan sayuran lainnya, bubuk kopi, dan kulit telur dari dapur ke dalam campuran kompos.

Jika kamu perlu menambahkan lebih banyak nutrisi agar tanaman tetap subur, gunakan pupuk yang dijual di pasaran.

Baca juga: 7 Bahan yang Bisa Membersihkan Rumah, Mentimun hingga Kulit Pisang

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.