Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Aman Menghilangkan Berbagai Jenis Noda Makanan pada Baju Anak

Kompas.com - 10/10/2021, 19:20 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Anak-anak diselimuti oleh rasa penasaran yang tinggi. Maka tak heran jika mereka tak segan berkotor-kotor demi memuaskan rasa keingintahuannya.

Namun, sayangnya, tak jarang noda-noda kotor tersebut membandel dan sulit dihilangkan. Tapi, Anda tak perlu khawatir, ada sejumlah cara jitu yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda makanan pada pakaian anak.

Melansir dari Better Homes & Gardens pada Minggu (10/10/2021) berikut ini cara aman menghilangkan noda makanan pada pakaian anak-anak.

Baca juga: Cara Cepat Menghilangkan Noda Kunyit di Kuku dan Kulit

Noda makanan bayi

Rendam pakaian bernoda di air dingin dengan deterjen cair. Cuci dengan mesin cuci menggunakan air hangat atau sesuai petunjuk label pencucian pakaian.

Jika noda masih tersisa, oleskan penghilang noda atau deterjen cair pra-cuci ke area tersebut, lalu cuci dengan mesin cuci.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Kunyit pada Pakaian

Noda cokelat

Hilangkan sisa coklat yang masih menempel di pakaian. Rendam pakaian dengan air hangat dan sabun cuci yang mengandung enzim, atau gunakan penghilang noda sebelum dicuci dengan mesin cuci.

Lalu, cuci dengan mesin seperti biasa. Jika noda tetap ada, cuci ulang dengan produk pemutih yang aman untuk kain dan kulit.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Teh pada Teko

Jus buah

ilustrasi minuman cokelatBy Pixel-Shot on Shutterstock ilustrasi minuman cokelat

Rendam pakaian bernoda dalam air dingin sekitar 30 menit. Oleskan sedikit cuka putih dari noda yang tersisa dan diamkan selama 30 mesin. Cuci pakaian dengan mesin dan deterjen yang aman untuk pemutih untuk kain.

Permen karet

Bekukan permen karet dengan menggosokkan es batu di atasnya, agar sisa permen karet bisa dengan mudah dihilangkan.

Jika perlu gunakan sendok atau pisau tumpul untuk menghilangkan noda pada permen karet. Oleskan pelumas, seperti gliserin, untuk menghilangkan permen karet yang tersisa; gosok dan bilas.

Gosokkan sabun cuci piring cair untuk menghilangkan noda yang tersisa, dan cuci dengan mesin seperti biasa.

Baca juga: Panduan Cara Membersihkan Gorden Dekil Penuh Noda dan Kotoran

Saus tomat

Oleskan penghilang noda atau deterjen cair pada bagian yang ternoda. Cuci dengan mesin cuci menggunakan deterjen cair, tambahkan pemutih dan cuci dengan suhu air yang aman untuk pakaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com