Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Menjaga Freezer Bekerja Maksimal Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 10/10/2021, 15:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ahs

JAKARTA, KOMPAS.com - Freezer merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang cukup penting dimiliki. Freezer berfungsi menyimpan bahan makanan dengan cara membekukannya agar tetap segar dan lebih tahan lama seperti daging, olahan daging, hingga membuat es batu. 

Ketika cuaca panas yang ekstrem, freezer akan sering digunakan. Banyak orang mengandalkan freezer untuk membuat aneka minum segar guna melegakan tenggorokan dan mengusir rasa panas.   

Baca juga: Mengapa Bisa Ada Bunga Es di Freezer? Simak, Ini Penjelasannya

Selain itu, memasukkan aneka minuman ke freezer sehingga membuatnya kelebihan beban selama bulan-bulan panas. Akibatnya, membuat freezer tidak berfungsi maksimal, bahkan merusaknya, serta meningkatkan tagihan listrik

Melansir dari American Home Shield, Minggu (10/10/2021), berikut ini tips menjaga freezer bekerja maksimal dan menghemat listrik selama musim panas.  

Baca juga: Kenapa Tidak Ada Lampu di Freezer? Ini Penjelasannya 

Bersihkan koil secara teratur

Gulungan di belakang freezer membantu menjaga cara kerja freezer berjalan lancar. Namun, debu, bulu hewan peliharaan, dan kotoran lainnya dapat menumpuk di gulungan seiring waktu.

Jika tidak dirawat dan bersihkan, hal itu dapat membuat freezer boros energi, yang pada akhirnya menyebabkan kompresor freezer terbakar.

Untuk itu, rutin membersihkan gulungan di belakang freezer. Gunakan air sabun hangat untuk membersihkan kumparan setahun sekali. Pastikan mencabut kabel freezer atau kulkas dari dinding sebelum membersihkannya. 

Baca juga: Cara Mudah dan Efisien Menata Freezer Chest 

Mencairkan freezer sesekali

Freezer yang mencair sendiri dapat mengakumulasi es berlebih, yang akan merusak pengoperasiannya. Selain itu, es ini sering menumpuk bau basi dan tidak sedap.

Karena itu, Anda perlu mencairkan freezer sesekali. Keluarkan semua makanan dan minuman dari freezer untuk membiarkannya mencair, kemudian mempertimbangkan menaikkan suhu freezer beberapa derajat untuk memperlambat penumpukan es.

Anda dapat mencairkan es dua kali setahun, tetapi sebaiknya lakukan lebih sering jika es menumpuk lebih dari 2,5 sentimeter.  

Baca juga: 5 Cara Mudah Menata Freezer dengan Benar 

Pertahankan gasket

Gasket yang mengelilingi pintu freezer mungkin perlu diganti sesekali untuk memastikan freezer tetap tertutup rapat.

Pasalnya, udara yang bocor dari freezer dapat membuat kompresor bekerja terlalu keras, yang dapat mempersingkat masa pakai freezer.

Jika gasket dalam kondisi baik secara struktural, pembersihan menyeluruh dengan air sabun akan membantu menghilangkan debu dan kotoran sehingga mencegah gasket freezer rusak. 

Baca juga: Cara Merawat Freezer agar Bekerja dengan Baik dan Tak Mudah Rusak

Pastikan ada banyak ruang di freezer

Ruang penyimpanan yang sempit dan penuh dalam freezer juga dapat membuat freezer bekerja lebih keras sehingga membuat freezer menyedot banyak energi dan tagihan listrik melonjak. 

Untuk itu, pastikan freezer memiliki cukup ruang di semua sisi agar udara dapat bersirkulasi dengan baik. Kebanyakan freezer membutuhkan setidaknya satu 2,5 sentimeter ruang ekstra di semua sisi untuk sirkulasi udara yang baik.

Menjaga freezer dalam kondisi baik bermanfaat menghemat biaya tagihan listrik, yang akhirnya menghemat pengeluaran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com