Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Freezer agar Bekerja dengan Baik dan Tak Mudah Rusak

Kompas.com - 14/08/2021, 19:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Ahs

JAKARTA, KOMPAS.com - Freezer sangat bermanfaat untuk membekukan berbagai bahan makanan agar dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama. Oleh sebab itu, perawatan freezer sangat penting agar dapat bekerja dengan baik dan tidak mudah rusak.

Ada beberapa jenis freezer yang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Selain freezer yang menyatu dengan lemari es atau kulkas, ada pula chest freezer yang dapat Anda pilih untuk kapasitas penyimpanan lebih besar.

Freezer yang selalu dingin adalah freezer yang bekerja dengan baik. Apabila freezer tidak dalam kondisi dingin yang sesuai, maka bahan-bahan makanan yang disimpan di dalamnya bisa rusak.

Baca juga: Mengapa Freezer Kulkas Berisik? Ini Penyebabnya

Dilansir dari Ahs, Sabtu (14/8/2021), berikut beberapa cara merawat freezer agar selalu bekerja dengan baik dan tidak gampang rusak.

1. Baca manual untuk instruksi perawatan

Jujur saja, tidak banyak di antara kita yang membuka manual produk, apalagi membacanya. Akan tetapi, sebenarnya manual produk disertakan karena suatu alasan.

Membiasakan diri dengan freezer dan segala macam seluk-beluknya sesuai dengan manual produk akan sangat membantu Anda tetap tenang saat tiba waktunya untuk merawatnya atau memperbaikinya di kemudian hari.

2. Periksa termostat freezer secara berkala

Untuk bekerja secara optimal, termostat suhu freezer harus disetel pada minus 18 derajat celcius. Jika model freezer Anda tidak memiliki termostat internal, gunakan termometer untuk memeriksa suhu.

Baca juga: 5 Langkah Sederhana Mencairkan Bunga Es dari Freezer

3. Jaga kebersihan interior freezer

Dengan lap basah dan sedikit sabun cuci piring, freezer Anda bisa berkilau dalam waktu singkat. Rutinlah membersihkan freezer secara berkala.

4. Periksa gasket atau segel freezer dari keausan

Gasket menjaga udara dingin masuk dan udara hangat keluar. Jika gasket sudah aus dan sobek, maka freezer menggunakan lebih banyak energi untuk melakukan tugasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com