Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Pemutih untuk Membuat Bunga di Dalam Vas Segar Lebih Lama

Kompas.com - 14/08/2021, 16:48 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan vas berisi potongan bunga segar adalah salah satu cara untuk menambahkan sentuhan cantik dan warna pada suatu ruangan.

Namun, potongan bunga segar yang diletakkan di dalam vas berisi air biasanya akan cepat layu dan bau dalam beberapa hari ke depan.

Akan tetapi, bunga potong di dalam vas bisa tetap segar lebih lama dengan memanfaatkan pemutih pakaian. Kaget mengetahuinya?

Baca juga: 6 Bunga Cantik yang Bisa Tahan Lama di Vas

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (14/8/2021), disebutkan bahwa kandungan bahan pemutih pakaian dapat menghambat mikroorganisme yang berkembang biak pada batang bunga.

Bagi kalangan perangkai bunga, pemutih bukanlah suatu hal yang baru untuk membuat potongan bunga di dalam vas tetap segar dan awet.

Ketika mikroorganisme berkembang biak di dalam air vas biasa, mereka menghalangi dan membuat batang bunga sulit menyerap air untuk nutrisinya, menyebabkan bunga layu dan bau.

Tapi, menambahkan pemutih pakaian ke dalam air vas berisi potongan bunga segar membunuh mikroorganisme, sehingga memastikan kesegaran potongan bunga bertahan lama.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bunga Matahari, Kaya Manfaat hingga Menjadi Ikon Seni

Dengan tambahan sedikit pemutih, bunga di dalam vas dapat bertahan lebih lama dan air tidak menjadi cepat kotor.

Cara mengaplikasikan pemutih pada bunga potong di dalam vas

Cara untuk membuat potongan bunga di dalam vas bisa tetap segar dengan pemutih pakaian tidaklah sulit, berikut di antaranya.

1. Mencampurkan air dan pemutih

Campurkan 1 liter air dengan 1 sendok teh pemutih, lalu aduk kedua bahan hingga larut merata. Selanjutnya kamu tinggal menuangkan air larutan pemutih ke dalam vas bunga yang masih kosong.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com