Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2021, 12:31 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Freezer kulkas yang berfungsi dengan baik tidak membuat banyak kebisingan, tetapi juga tidak terdiam. Jika freezer berisik, itu mungkin merupakan tanda operasi normal.

Namun, melansir dari Home Guides SF Gate, Selasa (3/2021), jika freezer berbunyi berisik, Anda harus menyelidiki kebisingan yang terdengar, karena kadang-kadang suara berisik tersebut dapat menunjukkan alat Anda membutuhkan perawatan.

Berikut beberapa penyebab freezer berisik yang perlu diketahui. 

Baca juga: 5 Langkah Sederhana Mencairkan Bunga Es dari Freezer

1. Kompresor yang berisik

Ketika freezer mendingin, kompresor, yang biasanya di bagian belakang freezer di dekat bagian bawah, membuat suara berisik namun rendah dan lembut. Kompresor biasanya berjalan 80 hingga 90 persen dari waktu ke waktu.

Jika Anda menambahkan sejumlah besar makanan ke freezer Anda, kompresor dapat berjalan terus-menerus sampai suhu internal mendingin lagi. Jika Anda membuka dan menutup pintu freezer terlalu sering, ini juga akan meningkatkan waktu bekerja kompresor.

Namun, suara kompresor yang normal tidak akan berbunyi terlalu keras. Jika bunyinya terlalu keras, segera hubungi profesional untuk memeriksanya. 

2. Kumparan kondensor kotor

Jika kumparan kondensor dan kipas kotor, bisa membatasi aliran udara dan itu akan membuat freezer lebih lama untuk mendinginkan bagian dalamnya. Ini dapat mengakibatkan kebisingan selama operasi.

Baca juga: Catat, 10 Makanan Ini Tidak Boleh Disimpan Dalam Freezer

Meskipun ini tidak berarti freezer Anda rusak, Anda harus membersihkan gulungan. Lepaskan koneksi kabel daya freezer dan bersihkan kumparan kondensor dan kipas, yang biasanya di bagian belakang atau atas freezer, dengan sikat lembut atau vakum dengan lampiran kuas.

Kumparan kondensor dari beberapa freezer mungkin tidak dapat diakses. Jika ini masalahnya, hubungi teknisi untuk membersihkannya. 

3. Pembuat es atau dispenser

Kulkas dan freezer dengan pembuat es built-in mungkin bersuara ketika pembuat es beroperasi. Hal ini seharusnya menjadi suara yang tenang dan hanya berlangsung saat es dalam produksi.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com