Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Sederhana Mencairkan Bunga Es dalam Freezer

Kompas.com - 13/07/2021, 22:29 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com— Jika bunga es dalam freezer sudah menumpuk tebal, itu artinya kita harus segera mencairkan bunga es.

Dengan begitu, freezer akan bisa menampung lebih banyak makanan. Selain itu, bunga es yang dibersihkan bisa sekaligus menghilangkan bau tak sedap karena tumpahan makanan atau darah dari daging dan ikan yan gkita bekukan.

Mencairkan bunga es juga akan membuat lemari es bekerja dengan maksimal sehingga akan menghemat listrik.

Berikut adalah lima langkah sederhana mencairkan bunga es dalam freezer seperti dilansir dari Woman and Home, Selasa (13/7/2021).

Baca juga: Mengapa Bunga Es Muncul di Freezer Kulkas, Apakah Pertanda Rusak?

1. Matikan freezer

Jika freezer adalah alat yang terpisah dari lemari es, kamu harus mulai dengan mematikannyag.

Tetapi bagaimana jika lemari es dan freezer menjadi satu? Bisakah kamu mencairkan freezer tanpa mematikan kulkas? Ya, tentu saja.

“Jika kamu memiliki lemari es-freezer, kamu mungkin lebih memilih untuk tetap menyalakan alat agar makanan di lemari es tidak rusak,” saran Edward Jonkler, direktur pelaksana Remora Cleaning Ltd.

Namun, perlu diperhatikan bahwa membiarkan lemari es menyala akan memperlambat proses pencairan es, dan pada akhirnya akan menggunakan lebih banyak listrik.

2. Siapkan ruang di sekitar freezer

Saat es mencair, ada kemungkinan besar lantai di sekitar freezer akan basah. Sebelum memulai, ada baiknya untuk mematikan semua aliran listrik di sekitar freezer, dan meletakkan sesuatu untuk menyerap air.

"Tentukan di mana sumbat pembuangan berada dan kemudian tarik keluar," kata Edward. “Jika memungkinkan, pasang selang taman ke sumbat pembuangan luar dan arahkan air ke luar,” lanjutnya.

Jika ini tidak memungkinkan, lindungi ruang lantai di sekitarnya dengan menutupinya dengan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com