Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2021, 20:58 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com—Setelah pakaian bersih dan kering, langkah selanjutnya adalah menyetrika. Kegiatan ini menjadi sangat melelahkan karena prosesnya yang panjang.

Akibatnya, beberapa dari kita mungkin akan sering menunda pekerjaan ini dan membiarkan cucian kering menumpuk.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar waktu menyetrika bisa lebih cepat sehingga tidak membuatmu bosan dan lelah.

Berikut adalah tujuh tips agar bisa menyetrika lebih cepat seperti dilansir dari Iron It Away, Selasa (13/7/2021).

Baca juga: 5 Bahan yang Ampuh Membersihkan Noda Gosong pada Setrika

1. Bersihkan setrika

Setrika yang kotor bisa memperlambat proses menyetrika. Setrika bersih adalah setrika yang efisien. Jika bagiab bawah setrika kotor, sterika tidak akan meluncur dengan lincah di atas pakaian.

Kotoran juga akan memengaruhi panas untuk bisa merata di semua tapak setrika. Untuk setrika uap, penumpukan endapan mineral akan memengaruhi keluarnya uap.

Untuk itu, kamu perlu melakukan beberapa perawatan dasar akan sangat membantu menjaga setrika tetap bersih dan bekerja secara optimal. Salah satu trik sederhana adalah menyetrika kertas putih polos.

Ini akan membantu menghilangkan residu atau kotoran yang menempel di tapak setrika.

2. Pilah pakaian

Sebelum kamu mulai, sortir pakaian berdasarkan jenis kain dan jenis pakaian. Karena jenis kain yang berbeda cenderung memerlukan setelan suhu yang berbeda dan tentu akan sangat membuang waktu untuk terus-menerus mengubah suhu dan menunggu setrika menjadi panas atau dingin.

Sebaliknya, setrika semua pakaian berbahan katun, lalu semua yang berbahan linen, dan seterusnya. Setelah menyortir jenis kain, selanjutnya sortir berdasarkan jenis pakaian.

Celana panjang, kemeja, rok, dan jenis pakaian lainnya membutuhkan teknik penyetrikaan yang sedikit berbeda. Menumpuknya berdasarkan kategori ini bisa sangat membantu mempercepat waktu menyetrika.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com