Kompas.com - 19/03/2021, 16:21 WIB
Ilustrasi kulkas. Ilustrasi kulkas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kamu memiliki sebuah kulkas di rumahmu, kamu mungkin pernah atau sering mendapatkan bunga es yang muncul begitu banyak dan menebal.

Kemunculan bunga es tentu akan sangat mengganggu, yang mana bisa mempersempit ruang freezer, sehingga kamu tidak bisa memaksimalkan kapasitas penyimpanannya.

Munculnya bunga es pada freezer di kulkasmu mungkin membuatmu menjadi penasaran mengenai apa penyebabnya, apakah itu pertanda kalau kulkas maupun freezer sudah rusak?

Baca juga: Penjualan Chest Freezer Meningkat Tajam Saat Pandemi, Kenapa?

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (19/3/2021), terdapat berbagai penyebab yang melandasi munculnya bunga es di freezer kulkas.

Sebelum mengetahui penyebabnya, kamu juga perlu bahwa munculnya bunga es ini umumnya lebih sering terjadi pada kulkas 1 pintu, dan begitu jarang terjadi pada kulkas 2 pintu.

Hal pertama yang bisa menyebabkan kompartemen frezer kulkas 1 pintu bisa memunculkan bunga es yang lama kelamaan menebal adalah karena frekuensi buka tutup pintu kulkas yang cukup sering.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sesuai jenis dan namanya, pintu 1 kulkas hanya memiliki 1 pintu, dan hal ini akan membuatmu membuka seluruh bagian dalam kulkas, termasuk kompartemen freezer.

Baca juga: Chest Freezer dan Deep Freezer, Apa Bedanya?

Saat pintu kulkas terbuka, hal itu membuat udara hangat masuk ke dalam kulkas, sehingga menyebabkan kadar uap di dalam kulkas bertambah dan membentuk tumpukan bunga es.

Selain frekuensi buka tutup kulkas, memasukkan makanan maupun minuman yang panas maupun hangat ke dalam kulkas juga berpotensi untuk memunculkan bunga es pada kulkas 1 pintu.

Memasukkan kelembaban apa pun ke kulkas atau kompartemen freezer dapat berkontribusi pada pembentukan embun beku.

Wadah terbuka berisi cairan yang ditempatkan di dalam kulkas dapat menyebabkan terbentuknya embun beku, karena air di dalam wadah menguap ke dalam kompartemen kulkas dan mengembun di dinding dan rak.

Tidak seperti kulkas 2 pintu yang memiliki fungsi no frost, sebuah kulkas 1 pintu biasanya terdapat fungsi defrost, yakni sebuah kulkas yang cara kerjanya belum dilengkapi dengan sistem pencairan bunga es.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X