Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2021, 16:59 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Freezer merupakan sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menyimpan dan membekukan sebuah makanan maupun minuman dan sejenisnya.

Meski fungsinya terlihat mirip-mirip dengan kulkas, baik freezer dan kulkas keduanya berbeda. Ada 2 karakteristik yang membedakan freezer dan kulkas, yakni tingkat suhu pendinginan, dan kapasitasnya.

Suhu pendinginan freezer dapat mencapai lebih dari -25 derajat Celsius. Suhu serendah itu memang dibutuhkan karena fungsi utama freezer adalah untuk membekukan bahan makanan sehingga dapat bertahan lebih lama.

Baca juga: Penjualan Chest Freezer Meningkat Tajam Saat Pandemi, Kenapa?

Kulkas sendiri dijadikan sebagai perangkat elektronik rumah tangga untuk menyimpan dan mendinginkan makanan maupun minuman.

Sementara itu, freezer merupakan perangkat elektronik yang digunakan oleh banyak restoran dan para pelaku usaha makanan beku atau es krim untuk menyimpan stok yang mereka miliki.

Namun, kehadiran freezer saat ini seolah telah menjadi bagian dari perabotan rumah tangga, mengingat banyak orang yang menjalani usaha makanan dari rumahnya.

Terkait dengan freezer, terdapat beberapa jenis yang bisa menjadi pilihan, yakni chest freezer atau deep freezer.

Baca juga: Kenali 9 Tanda Kulkas Harus Segera Diganti

Bagi kamu yang berencana membeli sebuah freezer, mungkin kamu bingung dan tidak bisa membedakan kelebihan maupun kekurangan chest freezer maupun deep freezer.

Maka dari itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai perbedaan chest freezer dan deep frezeer, sekaligus kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin, (11/01/2021).

1. Bentuk

Bentuk fisik dari kedua jenis freezer ini sangat berbeda. Untuk lebih mudahnya, deep freezer itu tinggi dan chest freezer itu lebar.

Bentuk dan tampilan deep freezer meninggi dan tampak seperti kulkas biasa, sedangkan chest freezer memiliki bentuk melebar dan beberapa modelnya seperti kubus.

2. Pintu

Layaknya kulkas biasa, deep freezer memiliki pintu yang dibuka dari depan, sehingga tak jarang ada orang yang keliru mengenai deep freezer karena memang tampilannya dari luar sama persis seperti kulkas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com