Kompas.com - 10/10/2021, 12:23 WIB
Ilustrasi memberikan tomat kepada anjing. SHUTTERSTOCK/MAKDILLIlustrasi memberikan tomat kepada anjing.

JAKARTA, KOMPAS.com- Tomat merupakan salah satu jenis buah yang kerap digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur, campuran jus, hingga kecantikan.

Tak jarang tomat diberikan kepada anjing peliharaan dengan harapan dapat memenuhi nutrisi dan gizi untuk si anjing kesayangan.

Tapi bolehkah anjing makan tomat? Melansir dari The Spurce Pets pada Minggu (10/10/2021) berikut ini penjelasan mengenai anjing makan tomat dan risiko yang mengintainya.

Baca juga: Bolehkah Anjing Makan Ayam Mentah?

Bahaya memberi makan buah tomat ke anjing

Tomat adalah bagian dari keluarga sayuran. Tanaman ini, termasuk paprika, terong, dan kentang, mengandung unsur-unsur yang berpotensi beracun tetapi masih mengandung bagian yang dapat dimakan.

Itu berarti meskipun buah tomat memang mengandung banyak manfaat kesehatan untuk anjing dan dapat diberikan sebagai makanan sesekali, namun tomat juga bisa beracun dan berbahaya untuk anjingmu.

Tomatine adalah zat beracun yang ditemukan pada tanaman tomat. Selain itu, ada juga zat beracun lainnya yakni solanine.

Baca juga: Alasan Anjing Memakan Rumput, Benarkah karena Sedang Sakit?

 

Bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, bisa menjadi racun bagi hewan peliharaan. Kabar baiknya: tomatine terkonsentrasi di bagian hijau tanaman, terutama bunga dan batang kecil.

Jumlah kecil tomatine yang ada dalam tomat matang dianggap aman untuk anjing. Tomat hijau memiliki lebih banyak tomatine, tetapi perbedaannya tidak signifikan.

Bagaimana dengan saus tomat dan beberapa produk berbahan dasar tomat lainnya?

Jika anjingmu suka mengunyah tomat segar, ingatlah bahwa dia mungkin juga tertarik pada potongan pizza atau spaghetti yang kamu makan.

Saus tomat, sup, atau jus tidak terlalu sehat untuk anjing karena tambahan garam dan gula, serta rasa buatan atau bahan kimia lain yang ada pada makanan tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.