Kompas.com - 28/08/2021, 19:18 WIB
Ilustrasi chest freezer atau freezer chest. SHUTTERSTOCK/CREATIVE LABIlustrasi chest freezer atau freezer chest.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memiliki chest freezer atau freezer chest di rumah, maka Anda harus mengatur dan menatanya dengan baik.

Ini adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa Anda tidak membuang-buang uang dengan membeli bahan makanan yang sudah ada atau harus membuang makanan yang terkubur dan rusak.

Dilansir dari Martha Stewart, Sabtu (28/8/2021), sangat penting untuk memastikan Anda menggunakan dan tidak membuang makanan yang telah dibeli setiap kali Anda belanja.

Baca juga: 5 Cara Mudah Menata Freezer dengan Benar

Akan tetapi, juga penting bahwa Anda tidak melupakan barang yang Anda bekukan, karena membuangnya nanti juga berkontribusi pada pemborosan. Solusi sederhananya adalah dengan menata freezer chest agar Anda dapat mudah menemukan apa yang Anda cari.

Berikut cara mudah dan efisien dalam menata freezer chest agar Anda tidak melakukan pemborosan bahan makanan.

1. Kategorisasi

"Saat menata freezer chest, tetapkan kategori umum bahan makanan yang disimpan," kata Anne Gopman, pendiri dan pemilik Organized by Anne.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

ia menyarankan untuk menggunakan kategori luas seperti daging, unggas, permen, roti, makanan siap saji, dan sejenisnya daripada yang lebih spesifik, seperti "ayam yang telah dibumbui."

Baca juga: Cara Merawat Freezer agar Bekerja dengan Baik dan Tak Mudah Rusak

"Jika Anda terlalu spesifik, Anda akan mendapatkan terlalu banyak wadah saat mencoba menemukan satu item yang Anda butuhkan," terang dia.

Untuk menyimpan makanan, urutkan item yang lebih berat dan jarang digunakan, seperti protein, dari yang lain dan letakkan di bagian bawah freezer. Makanan yang sering Anda ambil, seperti sayuran beku atau camilan, harus diletakkan di bagian atas agar mudah dijangkau.

2. Ketahui bahan makanan yang disimpan

Mungkin sulit untuk melacak semuanya dengan kategori umum seperti itu, itulah sebabnya Gopman menyarankan untuk menyediakan papan tulis magnetik untuk menuliskan semua yang Anda masukkan ke dalam freezer chest.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.