Kompas.com - 23/10/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi talenan kayu. SHUTTERSTOCK/EVGENY KARANDAEVIlustrasi talenan kayu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi orang-orang yang rutin memasak, talenan menjadi peralatan dapur penting sebagai wadah untuk memotong daging, sayuran, dan berbagai bahan makanan lainnya.

Namun, jika tidak dirawat dengan baik, talenan bisa menjadi tempat berkembang biaknya jamur, bakteri, dan menghasilkan bau. Untungnya, ada banyak cara membersihkan talenan

Dilansir dari Taste of Home, Sabtu (23/10/2021), berikut cara membersihkan talenan kayu dan plastik dengan benar agar tahan lama. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Talenan Kayu agar Tidak Mudah Rusak dan Bebas Bau

Cara membersihkan talenan kayu

Ilustrasi talenan kayu. FREEPIK/LIFEFORSTOCK Ilustrasi talenan kayu.
Ada beberapa cara pembersihan yang bisa dipilih untuk membersihkan talenan kayu.

Namun, hindari mencuci talenan kayu di mesin pencuci piring karena akan menyerap terlalu banyak air dan cenderung membuat permukaannya melengkung dan retak. Berikut cara membersihkan talenan kayu.  

  • Pemutih

Campurkan dua sendok teh pemutih dengan 3,5 liter air. Kemudian, bersihkan semua permukaan talenan kayu dengan larutan pemutih, lalu bilas dengan baik, dan biarkan kering.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hindari merendam talenan kayu dalam larutan pemutih karena dapat membuat talenan retak.  

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Talenan Kayu untuk Daging

Gosok permukaan talenan kayu dengan garam dan lemon yang telah dipotong dua bagian. Garam bertindak sebagai abrasif untuk membersihkan talenan, sedangkan lemon adalah disinfektan alami yang dapat menghilangkan bau. 

Talenan kayu terkadang memiliki bau bawang putih. Untuk mengatasinya, cuci papan talenan kayu dengan cuka dan air panas guna menghilangkan kuman dan bau.

Untuk pembersihan lebih dalam, taburkan baking pada permukaan papan talenan kayu, lalu siram dengan larutan cuka encer, dan gosok talenan dengan sikat. Bilas talenan kayu hingga bersih dan biarkan mengering sendiri. 

Baca juga: Cara Membersihkan Talenan Kayu dengan Lemon agar Tahan Lama

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.