Kompas.com - 23/10/2021, 10:57 WIB
Ilustrasi rumah atau eksterior rumah Unsplash/Dillon KyddIlustrasi rumah atau eksterior rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim hujan yang mulai melanda di beberapa wilayah Indonesia, segala hal sudah harus dipersiapkan untuk melindungi rumah, khususnya bagian luar rumah atau eksterior.

Tanpa tindakan yang tepat, air hujan dapat menyebabkan berbagai kerusakan cukup besar pada eksterior rumah seperti fondasi rumah yang menjadi lemah, dinding yang retak, serta bahaya lainnya.

Baca juga: 6 Warna Cat Eksterior yang Dapat Membantu Menjual Rumah

Karena itu, penting memeriksa kemungkinan masalah eksterior yang mungkin timbul selama musim hujan. Dengan begitu, kamu dapat melindungi rumah selama musim hujan.

Dilansir dari Beauty Harmony Life, Sabtu (23/10/2021), berikut beberapa tips melindungi eksterior rumah dari kerusakan saat musim hujan.  

Baca juga: Ketahui, 5 Hal yang Bisa Merusak Tampilan Eksterior Rumah

Periksa ruang bawah tanah

Selama musim hujan, ruang bawah tanah menjadi area rumah yang sangat terkena imbas air hujan. Cobalah menyewa seorang ahli bangunan untuk membantu melindungi ruang bawah tanah dari kerusakan air. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka akan membantu mengidentifikasi dan memperbaiki area yang mungkin memerlukan perhatian sebelum hujan terjadi. Memeriksa retakan di ruang bawah tanah juga penting karena dapat menyebabkan bau tidak sedap. 

Baca juga: Terungkap, Warna Cat Eksterior Rumah Terpopuler di Instagram

Periksa atap

Sebagian besar atap biasanya mengalami keausan, yang dapat menyebabkan kebocoran serta kerusakan parah pada dinding dan langit-langit atau plafon.

Selain itu, pertumbuhan jamur dan lumut dapat melemahkan struktur kayu dan bahan eksterior lainnya. Untuk mencegah hal ini, hubungi pekerja bangunan profesional untuk memperbaikinya.  

Baca juga: Langkah Membersihkan Lumut dan Alga dari Dinding Eksterior

Mengganti atau memperbaiki talang air hujan

Talang air hujan yang tersumbat dapat menyebabkan kerusakan air pada eksterior rumah. Karena itu, sangat penting mencari pekerja bangunan profesional untuk membantu menghilangkan segala macam kotoran dan sumbatan pada talang air hujan.

Pekerja bangunan profesional juga dapat membantu menyingkirkan puing-puing, daun, juga memperbaiki bagian yang rusak pada atap ruma. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.