Kompas.com - 23/10/2021, 11:37 WIB
Ilustrasi aglonema red valentine. Tanaman hias aglonema merah. SHUTTERSTOCK/PUSPA WARNAIlustrasi aglonema red valentine. Tanaman hias aglonema merah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat daun anakan aglonema jadi lebih besar dengan cepat adalah hal yang diinginkan mereka yang merawat tanaman aglonema. 

Keinginan tersebut bukan hal mustahil, asalkan menerapkan cara-cara yang tepat. Cara tersebut mudah dilakukan.

Dikutip dari kanal YouTube Hobi Bunga, Sabtu (23/10/2021), berikut cara membuat daun anakan aglonema tumbuh lebih besar dengan cepat. 

Baca juga: 3 Penyebab Anakan Aglonema Tumbuh Lambat dan Kurang Subur

Beri larutan air cucian beras, pupuk daun, dan vitamin B1

Untuk memperbesar daun anakan aglonema, caranya mengaplikasikan pupuk daun yang dicampur vitamin B1 dan air cucian beras atau air leri.

Untuk pupuk daun, kamu bisa menggunakan pupuk daun gandasil D atau growmore. Caranya, campurkan satu liter air cucian beras dengan tiga gram pupuk daun dan setengah tutup botol vitamin B1.

Kemudian, siramkan larutan tersebut ke media tanam anakan aglonema secukupnya. Selain itu, semprotkan juga larutan secukupnya ke semua permukaan daun anakan aglonema. Lakukan pengaplikasian setiap dua minggu sekali. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cara Pakai Pupuk Micin untuk Aglonema dan Tanaman Hias Lainnya

Namun, apabila ingin daun anakan aglonema lebih cepat besar, kamu bisa mengaplikasikan larutan tersebut setiap satu minggu.

Namun, pengaplikasian tersebut memiliki risiko seperti membuat warna daun anakan aglonema  menjadi dominan hijau.

Jadi, apabila ingin daun anakan aglonema besar, tapi tidak dominan hijau, sebaiknya pengaplikasikan larutan dilakukan setiap dua minggu untuk hasil terbaik. 

Baca juga: 3 Langkah Mengurangi Warna Hijau yang Dominan pada Daun Aglonema

Tempatkan anakan aglonema di tempat teduh

Setelah mengaplikasikan larutan air cucian beras, pupuk daun, dan vitamin B1, letakkan anakan aglonema terkena sinar matahari, baik pagi maupun siang hari. Hal ini bertujuan agar daun anakan aglonema cepat tumbuh dan semakin banyak. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.