Kompas.com - 28/01/2022, 15:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memberikan sentuhan alam atau menyatu dengan alam, Anda dapat membuat ruangan semi outdoor seperti sunroom.

Sunroom atau solarium adalah teras atau ruang tamu yang tertutup kaca sehingga ruangan tetap mendapatkan sinar matahari alami yang cukup dan melindungi dari cuaca buruk. 

Baca juga: 5 Manfaat Menambahkan Ruang Berjemur di Rumah

Ruang ini juga dapat digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan luar tanpa perlu keluar ruangan. 

Sama dengan area lain di rumah, sunroom juga harus didekorasi dengan sangat hati-hati. Salah satu ada yang salah dapat membuat tatanan desain menjadi kacau.

Melansir dari Martha Stewart, Jumat (28/1/2022), berikut cara mendekorasi sunroom agar memberi kenyaman saat digunakan. 

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Lantai Teras Berdasarkan Materialnya 

Gunakan tanaman 

Ilustrasi sunroomSHUTTERSTOCK/Antoha713 Ilustrasi sunroom
Untuk mendekorasi sunroom, Mary Patton, desainer yang berbasis di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS), menyarankan meletakkan tanaman di dalam ruangan.

"Saya merekomendasikan membuat area sunroom ini untuk koleksi tanaman karena ruangannya cerah. Anda juga dapat menggabungkan beberapa warna yang lebih berani di seluruh ruangan," ungkap Patton.

Dengan varietas yang tepat dan warna pelengkap, Anda dapat menciptakan lingkungan yang rimbun dengan keseimbangan yang menyenangkan. 

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Teras Rumah agar Terlihat Menarik  

Gunakan elemen dekorasi yang sesuai

Bagi Hillary Stamm, pendiri firma desain HMS Interiors yang berbasis di California, AS, penting menciptakan sunroom yang terlihat dan berfungsi seperti ruang tamu.

Kuncinya, menggunakan kain yang dapat menahan kuat sinar matahari dengan baik. "Kami suka menggunakan kain dan bantal yang tidak cepat pudar," ucap Stamm berbagi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.