Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Renovasi yang Harus Dilakukan Saat Membeli Rumah Tua, Apa Saja?

Kompas.com - 05/08/2022, 09:07 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli rumah tua adalah salah satu cara atau instrumen memperoleh tempat tinggal atau hunian dengan harga lebih murah. 

Rumah tua cenderung mempunyai harga lebih murah daripada rumah baru di pasar properti walau ukuran dan berada di wilayah yang sama. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Tua

Namun, kendalanya adalah rumah tua memerlukan sejumlah perbaikan dan renovasi untuk membuatnya terlihat bagus dan berfungsi baik kembali.

Biaya merenovasi rumah tua terkadang bisa sangat mahal. Meski demikian, tidak berarti membeli rumah tua menjadi hal sia-sia.

Anda hanya perlu mengetahui perbaikan apa saja yang perlu dilakukan pada rumah tua sehingga anggaran tidak membengkak. 

Berikut lima renovasi yang harus dilakukan saat membeli rumah tua dilansir dari My Decorative, Jumat (5/8/2022).  

Baca juga: Membeli Rumah Baru Vs Rumah Tua, Ini Plus dan Minusnya

Ganti jendela 

Ilustrasi jendela rumah.SHUTTERSTOCK / New Africa Ilustrasi jendela rumah.
Jendela adalah bagian penting dari sebuah rumah dan bangunan. Ini tidaknya menjadi sirkulasi udara dan cahaya, tapi juga faktor keamanan dan dapat meningkatkan tampilan rumah.

Bila jendela di rumah tua sudah tidak layak dan modelnya sudah lama, sebaiknya menggantinya dengan jendela yang lebih hemat energi dan memberikan privasi tanpa mengurangi cahaya masuk ke rumah. 

Perbaiki atap rumah

Atap menjadi salah satu bagian rumah yang cepat mengalami kerusakan seperti bocor, bolong, hingga ingin roboh.

Pada cuaca buruk dan gangguan hewan, atap rumah bisa mengalami kerusakan parah. Untuk itu, segera perbaiki segala kerusakan yang dialami atap.

Jika tidak dapat menanganinya sendiri, sewalah perusahaan atap yang memiliki reputasi baik untuk mengatasi kerusakan. 

Baca juga: Ingin Membeli Rumah Tua? Pertimbangkan 4 Hal Ini Dulu

Bersihkan talang air 

Ilustrasi talang air, ilustrasi membersihkan talang air.Shutterstock/Radovan1 Ilustrasi talang air, ilustrasi membersihkan talang air.
Dedaunan yang kering sering kali jatuh ke talang air dan menyumbatnya. Hal ini tidak hanya membuat aliran air tersumbat dan merusak talang, tapi juga lama-kelamaan merusak struktur rumah serta menjadi tempat berkembang biak nyamuk

Karena itu, setelah membeli rumah tua, periksa talang air. Apakah ada sesuatu di dalamnya. Bila ada, segera membersihkannya.

Pembersihan ini tidak akan memakan waktu lama. Lakukan pembersihan talang secara rutin setidaknya beberapa kali dalam setahun. 

Baca juga: 3 Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Merenovasi Rumah Tua

Mengecat rumah ulang 

Cat yang terkelupas, pudar, dan kusam tentu membuat rumah tua makin terlihat tidak menarik.

Untuk itu, cobalah mengecat rumah tua kembali untuk membuat terlihat baru dan cantik. Pilih warna yang cerah, mengundang, cocok dengan rumah serta selera pribadi Anda. 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah Tua Bekas

Ganti pipa air 

Ilustrasi pipa bocor, ilustrasi pipa, ilustrasi bocor.SHUTTERSTOCK / Andrey_Popov Ilustrasi pipa bocor, ilustrasi pipa, ilustrasi bocor.
Pipa air yang sudah usang bukan sesuatu yang bisa diabaikan. Ketika melewati masa penggunaannya, pipa air lebih rentan terhadap kebocoran yang dapat membahayakan rumah  secara signifikan.

Jika air tampaknya mengalir dengan buruk atau rasanya tidak enak, pipa kemungkinan perlu diganti.

Saat merenovasi rumah tua, Anda tidak hanya memberi diri tempat tinggal yang nyaman, tapi juga kesempatan baru untuk sebuah rumah yang sebelumnya telah terabaikan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com